Kompas TV nasional update corona

Wakil Ketua DPR Minta Kemenkes Buat Panduan Isoman bagi Pasien Covid-19 Gejala Sedang

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 17:55 WIB
wakil-ketua-dpr-minta-kemenkes-buat-panduan-isoman-bagi-pasien-covid-19-gejala-sedang
Panduan isolasi mandiri di rumah (Sumber: Kompas)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Membludaknya pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit membuat beberapa orang di antaranya memilih untuk menjalani perawatan dengan cara isolasi mandiri (Isoman).

Meski begitu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta untuk tak luput memperhatikan kondisi mereka. 

"Saya rasa Kemenkes perlu menyusun panduan isoman bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang," kata Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar seperti dikutip dari dpr.go.id, Rabu (7/7/2021).

"Mengingat, saat ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit dan sebagian harus melakukan isoman."

Baca Juga: Sebanyak 76 Pasien Covid-19 di Kota Bekasi Meninggal Saat Isolasi Mandiri

Menurut dia, dengan seringnya petugas Kemenkes melakukan pengecekan dan membuat panduan pola hidup sehat terhadap pasien Covid-19, maka akan mengecilkan angka kematian akibat wabah tersebut.

"Sehingga diharapkan panduan tersebut dapat membantu pasien dan keluarga pasien untuk melakukan perawatan secara mandiri di rumah, namun dengan prosedur dan obat-obatan yang tepat serta pemantauan dokter atau tenaga kesehatan," ujarnya. 

Pria yang karib disapa Cak Imin itu mendorong Kemenkes bersama pihak rumah sakit berkoordinasi dengan RT/RW untuk memastikan dan menggencarkan sosialisasi mengenai prosedur penanganan dan pengobatan yang tepat bagi masyarakat yang melakukan isoman.

"Dengan begitu, masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dapat mengikuti seluruh arahan tersebut secara optimal," ujarnya.

"Mengingat masyarakat yang terpapar virus Corona tidak dapat tinggal berdampingan dengan keluarga ataupun berkomunikasi secara langsung dengan orang lain."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x