Kompas TV nasional berita kompas tv

Anies Perpanjang PSBB Transisi Jakarta, Pembukaan Bioskop Ditunda!

Kompas.tv - 17 Juli 2020, 14:42 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan memperpanjang pembatasan sosial berskala besar, PSBB transisi.

Hal ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran covid-19.

Sebelumnya, Anies memaparkan dalam sepekan terakhir, positivity rate di jakarta naik menjadi 5,9%. Sementara, bed occupancy rate naik menjadi 4%.

Anies berharap masyarakat lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Untuk itu dengan diperpanjangnya PSBB transisi membuat sejumlah kegiatan yang akan dibuka, seperti bioskop dan hiburan indoor lainnya ditunda kembali pembukaannya.

Sementara, saat rapat dengan para Gubernur, di Istana Bogor Rabu kemarin, Presiden Joko Widodo menyatakan langkah pemerintah yang tidak melakukan karantina wilayah atau lockdown, sudah tepat.

Menurut Presiden jika diberlakukan lockdown maka dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia akan fatal.

Presiden mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menurun hingga -17% bila Pemerintah menerapkan kebijakan lockdown untuk menghadapi pandemi covid-19.

Perkiraan itu berdasar prakiraan sejumlah lembaga ekonomi internasional, salah satunya lembaga kerja sama ekonomi dan pembagunan, OECD.

Menurut lembaga tersebut, negara yang menerapkan lockdown ekonominya tumbuh minus dua digit.

Pemerintah akhirnya menerapkan kebijakan PSBB dan ekonomi Indonesia hanya -4,3% di kuartal kedua 2020, lebih baik ketimbang negara lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x