Kompas TV nasional politik

DPR dan Pemerintah Sepakat RUU HIP Diganti RUU BPIP, Apa Bedanya?

Kamis, 16 Juli 2020 | 15:03 WIB
dpr-dan-pemerintah-sepakat-ruu-hip-diganti-ruu-bpip-apa-bedanya
Ketua DPR Puan Maharani didampingi pimpinan DPR lainnya bersama Menkopolhukam Mahfud MD dan jajaran menteri pemerintah saat konferensi pers terkait dengan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) diubah menjadi RUU BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/7/2020). (Sumber: Humas DPR)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua DPR Puan Maharani telah menerima usulan pemerintah terkait dengan penggantian Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

DPR dan pemerintah sepakat bahwa RUU HIP yang memicu kontroversi sejumlah kalangan itu diubah menjadi RUU BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). 

Baca Juga: DPR dan Pemerintah Sepakat RUU HIP Diganti RUU BPIP, Pembahasan Ditunda karena Covid-19

Apa perbedaan RUU HIP dengan RUU BPIP?

Puan Maharani menjelaskan bahwa konsep RUU BPIP yang disampaikan pemerintah berisikan substansi yang berbeda dengan RUU HIP.

RUU BPIP berisikan substansi yang telah ada di dalam Peraturan Presiden yang mengatur tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan diperkuat menjadi substansi RUU BPIP.

"Konsep yang disampaikan pemerintah berisikan substansi RUU BPIP yang terdiri dari 7 bab dan 17 pasal, berbeda dengan RUU HIP yang berisikan 10 bab dan 60 pasal," terang Puan.

Penulis : Fadhilah





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:34
KEJAKSAAN AGUNG AKAN LELANG ASET SITAAN KASUS KORUPSI JIWASRAYA DAN ASABRI DALAM WAKTU DEKAT   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA SERAHKAN SEMUA PROSES HUKUM BUPATI NGANJUK KE KPK   SATU ORANG TEWAS DALAM PENEMBAKAN DI BANDARA VANCOUVER, KANADA   PBNU MINTA PEMERINTAH SEGERA AMBIL LANGKAH DIPLOMATIS SOAL PALESTINA   WAMENAG ZAINUT TAUHID SA’ADI: TINDAKAN NEGARA ISRAEL KEJI DAN MELANGGAR HAM   JELANG IDUL FITRI, SATPOL PP JAKARTA BARAT AKAN FOKUS CEGAH KERUMUNAN DI KAWASAN KOTA TUA   HUMAS TMII: TMII BATASI PENGUNJUNG HANYA 30 PERSEN SAAT LIBUR LEBARAN   POLRESTA CIREBON PUTAR BALIKKAN 6.000 PEMUDIK SEPEDA MOTOR PADA MINGGU MALAM HINGGA SENIN DINI HARI   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI VIRTUAL   GUBERNUR SULTENG SALURKAN 1.000 PAKET PANGAN UNTUK WARGA KURANG MAMPU   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP PERUM BULOG TERUS MELAKUKAN ADAPTASI TERHADAP PERKEMBANGAN ZAMAN   SEKJEN KEMNAKER ANWAR SANUSI MINTA KEPADA PEKERJA LAPORKAN PELANGGARAN PEMBAYARAN THR KE POSKO THR TERDEKAT   KEMENAG: SHALAT IDUL FITRI DI MASJID HANYA UNTUK ZONA HIJAU DAN KUNING   PVMBG IMBAU WARGA DAN WISATAWAN UNTUK TIDAK MENDEKAT KE ZONA BAHAYA GUNUNG SINABUNG