Kompas TV travel jelajah indonesia

Keindahan Pulau Sugi yang Selalu Menarik Untuk Kembali

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 15:51 WIB
Penulis : Anas Surya

Kali ini ada Pulau Sugi yang berada di gugusan Kepulauan Riau. Berada di antara Sumatera dan Pulau Batam. Pulau kecil yang memiliki keindahan tak kalah dengan Maldives.

Untuk kemari kamu bisa melewati Batam dan di teruskan dengan menggunakan kapal melalui dermaga Pacung Sekupang, dan Pulau Sugi berjarak 2 jam dari dermaga ini.

Baca Juga: Danau Kawah Kaolin, Potret Rusaknya Alam Akibat Penambangan Timah Yang Jadi Destinasi Wisata

Sesampainya di Pulau Sugi, satu-satunya tempat menginap adalah Resort Telunas. Resort ini di bangun di atas air mempunyai konsep yang seru. Dimana kamu bisa menikmati pantai telunas dari tempat tidur. Cocok buat honeymoon.

Nama telunas merupakan gabungan dari 2 kata yaitu teluk dan nus, yang berarti cumi-cumi.

Di Pulau Sugi ini banyak kekayaaan alam yang bisa di jelajahi. Ada hutan mangrove dan ada air hitam. Untuk sampai kesana kita harus melewati hutan mangroove. Dan ini adalah hutan mangroove yang masih tersisa di pulau batam.

Baca Juga: Bukti Adanya Kerajaan Yang Tertimbun Letusan Gunung Tambora

Hutan ini terancam punah, karena banyaknya industri rumahan pembuat arang, dimana bahan bakunya menggunakan pohon bakau di hutan ini. Oleh karena itu, perlahan-lahan, hutan mangrove di batam ini berkurang.

Nah.. Balik lagi ke air hitam tadi. Untuk sampai ke air hitam. Kita harus melewati hutan. Kira-kira butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan sih, nggak lama kok.

Air hitam adalah sebuah air terjun, tak terlalu besar memang. Tetapi mempunyai keunikan tersendiri. Airnya terlihat kekuningan karena mengandung mineral yang berasal dari pepohonan.

Baca Juga: Keindahan Nusa Lembongan dan Keunikan Gua Gala Gala

Sedangkan kolam yang berwarna hitam ini, dikarenakan batu-batu yang sudah lama mengendap, sehingga jika dilihat dari atas  airnya tampak berwarna hitam.

Selain menjelajahi hutan, kamu juga bisa bersenang senang menikmati dinginnya air laut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x