Kompas TV nasional aiman

Kupas Habis Penerimaan Siswa Baru di Jakarta - AIMAN (Bag 5)

Selasa, 7 Juli 2020 | 21:52 WIB

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi di Ibu Kota menuai kontroversi. Pasalnya jalur yang seharusnya mengutamakan titik jarak antara rumah ke sekolah, kini menggunakan lingkup Kelurahan. Alhasil seleksi zonasi, otomatis menggunakan usia tertua karena pendaftar dalam lingkup Kelurahan membeludak.

Akibatnya, banyak calon siswa gagal masuk ke sekolah tujuan. Hal ini lantas membuat banyak orang tua murid berunjuk rasa sejak Senin 29 Juni lalu menuntut pembatalan proses PPDB DKI Jakarta 2020! Namun Wakil Kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang juga merupakan Ketua Panitia PPDB Jakarta 2020, Saefuloh Hidayat mengatakan bahwa jalur zonasi di DKI Jakarta sudah merujuk pada Permendikbud No.44 Tahun 2019.

Meski ada perbedaan dengan daerah lain, namun ia mengatakan hal ini disebabkan letak demografis Jakarta yang berpenduduk padat dan adanya hunian vertikal, sehingga membuat jalur zonasi diberlakukan berdasarkan zona kelurahan. "Seleksi berikutnya berdasarkan usia dan tidak berdasarkan nilai," ujar Saefuloh saat diwawancara pada program AIMAN.

Lantas bagaimanakah nasib calon siswa kini?

Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono berkunjung ke kediaman salah seorang siswa yang gagal masuk SMA negeri favoritnya lantaran seleksi usia. Mirisnya, calon siswa yang tinggal di Rusunawa Jatinegara Kaum ini juga gagal pada jalur afirmasi meski merupakan pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan syarat masuk di jalur ini dan juga pada jalur prestasi non-akademik. Bagaimana solusi pemerintah akan kebijakan PPDB yang berlaku di Jakarta ini? 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:56
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG