Kompas TV nasional sosial

Protes PPDB Jakarta, Orangtua Siswa Demo Pakai Seragam Sekolah Depan Kemendikbud

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 19:15 WIB
protes-ppdb-jakarta-orangtua-siswa-demo-pakai-seragam-sekolah-depan-kemendikbud
Sejumlah orang tua menggunakan atribut sekolah saat melakukan aksi demonstrasi memprotes PPDB DKI di Depan Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020). (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para orangtua siswa memprotes sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta yang seleksi penerimaannya berdasarkan usia.

Atas tuntutannya itu, mereka berdemo di depan Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta Pusat, Senin (29/6/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

Beberapa dari peserta bahkan menggunakan atribut sekolah sebagai bentuk protes bahwa murid yang lebih tua lebih diuntungkan dalam PPDB tahun ini.

Baca Juga: Ratusan Orangtua Lakukan Demo Tolak Aturan PPDB 2020!

Salah seorang koordinator demonstrasi PPDB, Agung, mengatakan bahwa seleksi berdasarkan usia dalam PPDB merupakan bentuk diskriminatif terhadap siswa-siswi yang berusia lebih muda.

"Faktor usia tidak bisa dijadikan parameter untuk menilai seorang siswa-siswi kurang mampu secara ekonomi," ujarnya di depan Gedung Kemendikbud, Senin (29/6/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Audensi Kemendikbud

Sementara itu, sebanyak 12 orang perwakilan peserta demonstrasi sudah diterima pihak Kemendikbud untuk melakukan audiensi dan menyampaikan aspirasinya terkait pelaksanaan PPDB DKI Jakarta.

Untuk itu, mereka mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk membatalkan pelaksanaan PPDB DKI yang sudah berjalan dan mengulang prosesnya dari awal.

"Ulang PPDB dengan menggunakan parameter zonasi atau jarak," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x