Kompas TV nasional berita kompas tv

Terungkap Isi Pesan WhatsApp John Kei, Ada Perintah Bunuh Nus Kei dan Yustus Corwing Rahakbau

Kompas.tv - 23 Juni 2020, 10:39 WIB
terungkap-isi-pesan-whatsapp-john-kei-ada-perintah-bunuh-nus-kei-dan-yustus-corwing-rahakbau
Tersangka kejahatan John Kei dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6/2020). Tim gabungan Polda Metro Jaya berhasil menangkap 30 orang yakni John Kei beserta anggota kelompoknya dalam kasus pengeroyokan, pembunuhan dan kekerasan di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat dan Perumahan Green Lake City, Kota Tangerang, Banten pada Minggu 21 Juni 2020. (Sumber: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - John Refra Kei alias John Kei kembali ditangkap polisi di tengah menjalani pembebasan bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Permisan, Nusakambangan.

John Kei ditangkap tak sendiri. Turut diamankan pula sejumlah anak buahnya berjumlah 29 orang oleh Tim Gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Tangerang Kota. 

Jhon Kei, pria yang kerap dijuluki Godfather of Jakarta ini ditangkap bersama anak buahnya di markasnya yang berada di Jalan Titian Indah Utama X, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat sekitar pukul 20.15 WIB, Minggu (21/6/2020).

Baca Juga: Apresiasi Penangkapan John Kei, Kapolri: Tidak Ada Ruang untuk Premanisme

Penangkapan Jhon Kei dan anak buahnya diwarnai tembakan peringatan oleh polisi karena sempat ada upaya perlawanan. 

Atas perbuatannya, John Kei dikenai tuduhan pembunuhan berencana terkait pengeroyokan yang mengakibatkan tewasnya Yustus Corwing Rahakbau (46) pada Minggu siang (21/6) sekitar pukul 13.00 WIB di Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana, mengungkapkan pihaknya turut memeriksa telepon genggam para tersangka usai melakukan penangkapan. 

Dari telepon genggam itu diketahui ternyata terdapat pesan dari John Kei yang memerintahkan kepada anak buahnya untuk melakukan pembunuhan.

Baca Juga: Fakta John Kei Terancam Hukuman Mati karena Pembunuhan Berencana terhadap Pamannya

“Ada perintah dari John Kei kepada anggotanya. Indikator permufakatan jahatnya adalah rencana pembunuhan terhadap NK (Nus Kei) dan YCR (Yustus Corwing Rahakbau),” kata Nana di Polda Metro Jaya.

Selain perintah pembunuhan, kata Nana, terdapat arahan dari Jhon Kei kepada para anak buahnya agar mempunyai peran-peran masing-masing dalam melakukan eksekusi pembunuhan. 

“Ada yang berperan sebagai eksekutor, ada yang melakukan pengamanan saat beraksi,” kata Nana.

Peristiwa pengeroyokan dengan senjata tajam yang berujung tewasnya Yustus Corwing Rahakbau pada Minggu siang pun viral di media sosial dan dilaporkan masyarakat kepada pihak kepolisian.

Baca Juga: Sosok John Kei di Mata Tetangga, Dikenal Baik hingga Sikap Beda Sebelum Penangkapan

Tidak hanya itu, pada hari yang sama anak buah John Kei juga melakukan perusakan di rumah Nus Kei dan merusak satu unit kendaraan roda empat milik tetangga Nus Kei, di Cipondoh, Tangerang.

Kapolda Metro Jaya menyebut motif pembunuhan ini terkait ekonomi. Nana menyebut antara John Kei dan Nus Kei masih saudara.

“Sebenarnya ini masih keluarga antara John Kei dan Nus Kei. Terkait ketidakpuasan pembagian uang hasil penjualan tanah," kata Kapolda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x