Kompas TV nasional berita kompas tv

Sosok John Kei di Mata Tetangga, Dikenal Baik hingga Sikap Beda Sebelum Penangkapan

Kompas.tv - 23 Juni 2020, 07:15 WIB
sosok-john-kei-di-mata-tetangga-dikenal-baik-hingga-sikap-beda-sebelum-penangkapan
Tersangka kejahatan John Kei dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6/2020). Tim gabungan Polda Metro Jaya berhasil menangkap 30 orang yakni John Kei beserta anggota kelompoknya dalam kasus pengeroyokan, pembunuhan dan kekerasan di kawasan Duri Kosambi, Jakarta Barat dan Perumahan Green Lake City, Kota Tangerang, Banten pada Minggu 21 Juni 2020. (Sumber: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Aparat Polda Metro Jaya membekuk John Kei bersama anak buahnya pada Minggu (21/6/2020) siang.

Kelompok John Kei ini terlibat dalam peristiwa penganiayaan dan keributan di Green Lake City, Tangerang Kota dan Cengkareng, Jakarta Barat.

John Kei dan anak buahnya ditangkap di kediamannya di Tytyan Indah Utama X, Kecamatan Medan Satria, Kelurahan Kali Baru, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Kapolda Kasus John Kei Vs Nus Kei: Tak Puas Pembagian Uang Tanah

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, John Kei memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Nus Kei dan anggota Nus Kei berinisial ER.

Menurut Nana, John Kei dengan Nus Kei sejatinya merupakan saudara.  Sementara motif kelompok John Kei menyerang Nus Kei karena masalah pembagian uang hasil penjualan tanah.

"Saudara John Kei merasa dikhianati terkait masalah pembagian uang yang mungkin mereka tidak sampai, ini sebenarnya masih pendalaman ya, tetapi intinya di sana," kata Nana saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Sementara itu, sosok John Kei rupanya punya karisma tersendiri di mata tetangganya. Hal itu diketahui berdasarkan pengakuan Donny Rivai yang merupakan ketua RT setempat.

Dia menceritakan tentang penangkapan dan pandangan warga terhadap John Kei. Berikut ulasannya.

1. John Kei Dikenal Baik dan Ramah

Ketua RT 004 RW 011 Kelurahan Kali Baru Kecamatan Medan Satria, Donny Rivai mengungkapkan bahwa John Kei dikenal ramah oleh tetangga.

"Kalau sama warga dia baik banget loh. John Kei sama anak buahnya kalau lewat sini pasti salam, gitu," ucap Donny dikutip dari Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Bahkan, menurut Donny, John Kei adalah salah satu orang yang dia percaya untuk bertugas menjaga lingkungan perumahan Tytyan Indah Utama X.

John Kei juga disebut telah berpesan kepada anak buahnya agar tidak ada yang mengganggu tetangganya.

“Kalau ada keribuatan sama warga sekitar, yang saya bawa pasti anak buahnya (John Kei). John Kei juga berpesan ke anak buahnya jangan ada yang ganggu tetangga rumahnya,” kata dia.

Selama 14 tahun tinggal di Perumahan Tytyan Indah Utama X, Donny mengatakan, warga tak mempermasalahkan keberadaan John Kei beserta anak buahnya.

Baca Juga: Nus Kei: Hubungan Saya dengan John Kei Dekat Banget

Situasi kediaman John Kei di perumahan Tytyan Indah Utama, Kota Bekasi, Senin (22/6/2020). (Sumber: KOMPAS.com/ CYNTHIA LOVA)

2. Warga Terbiasa Penggerebekan

Menurut Donny, warga telah terbiasa dengan adanya penggerebekan di kediaman John Kei. Tidak hanya penggerebekan, warga pun sudah tak heran ada keribuatan di kediaman John Kei.

Pasalnya, kata Donny, sudah sejak dahulu kerap terjadi penyerangan di kediaman John Kei.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x