Kompas TV regional berita daerah

Upiya Karaji, songkok khas Gorontalo

Kompas.tv - 1 Juni 2020, 20:35 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - 

Provinsi Gorontalo memiliki berbagai macam kerajinan unggulan yang kini sudah dikenal bukan hanya di tingkat lokal, tapi sudah di kenal di tingkat Nasional.

Bahkan produk kerajinan tangan ini sudah banyak dikenakan atau dipakai oleh pejabat atau tokoh – tokoh terkenal di Indonesia.

Sapa yang tidak mengenal Upiya karanji atau Songkok keranjang khas Provinsi Gorontalo ini. Kerajinan ini sudah lama dikenal di Indonesia yaitu sejak Songkok Khas Daerah Serambi Madinah ini di pakai oleh presiden ke – 4 RI (almarhum ) KH. Abdurahman wahid atau Gusdur. Bahkan Songkok ini dikenal sebagai Songkok Gusdur.

Bukan hanya Gudur, tetapi Songkok khas ini juga sering digunakan oleh Sandiaga Uno dan Habib bahar bin smith.

Baca Juga: Terapkan PSBB Jilid Tiga,Polda Gorontalo Kerahkan 70 Personil Keperbatasan

Upiya Karaji begitu masyarakat Gorontalo menyebutnya, dibuat dengan cara dianyam yang berbahan dasar minthu atau rotan hutan, Menurut Masyarakat setempat Rotan hutan atau mintu ini tidak mudah ditemukan, butuh waktu atau Perjuangan yang keras untuk mendapatkan minthu ini didalam hutan Gorontalo.

Cara membuatnyapun tidak mudah, butuh keahlian khusus dan keuletan atau telah memiliki jam terbang yang tinggi, sehingga hasilnya pun terlihat rapi dan bagus.

Upiya karanji inipun dijual dengan bermacam-macam harga, mulai dari seratus ribu rupiah, hingga enam ratus ribu rupiah, tergantung rapatnya anyaman songkok tersebut.

Kini Upiya karanji telah dijadikan buah tangan atau oleh-oleh apabila orang berkunjung ke Gorontalo, bahkan presdien dan para Menteri atau pejabat lainnya yang berkunjung ke Gorontalo akan dikenakan upiya karanji sebagai tanda telah berkunjung di Provinsi Gorontalo.

 

#upiyakaranji  #songkokkhas  #gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x