Kompas TV regional berita daerah

Kreasi Cantik Paduan Masker Tapis Khas Lampung

Rabu, 20 Mei 2020 | 16:05 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sebagian orang dituntut untuk lebih kreatif dan produktif, salah satunya yang dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Lampung yang memadukan masker produksinya dengan kain tapis.

Di dalam gedung inilah sejumlah perempuan yang tergabung dalam Dewan Kesenian Nasional Daerah Lampung, menuangkan ide kreatifitasnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Melihat kondisi penggunaan masker yang kini diwajibkan, kumpulan perempuan dari Dekranasda ini pun memberdayakan sejumlah pengrajin untuk mengkreasikan masker produksinya dengan perpaduan berbagai motif kain tapis khas Lampung.

Motif kain tapis yang biasa digunakan ini seperti Pucuk Rebung dan Cucuk Handak. Cara membuatnya pun sama seperti pembuatan masker kain pada umumnya, hanya saja yang membedakan ialah perpaduan kain tapis Lampung yang dikreasikan untuk mempercantik tampilannya.

Kreasi ini pun disambut baik pemerintah daerah Lampung. Selain turut mengangkat nilai budaya, masker bermotif tapis Lampung ini juga terlihat lebih cantik dan berbeda dengan masker pada umumnya.

Kreasi masker motif kain tapis Lampung ini memiliki nilai ekonomi sendiri, dimana Dekranasda Lampung juga kerap dibanjiri pesanan dari sejumlah intansi atau perorangan.

Baca Juga: Lewat Lagu, Gubernur & Gugus Tugas Lampung Larang Warga Mudik

Cantik, unik, dan berbeda, masker bermotifkan kain tapis khas Lampung ini diharapkan mampu menjadi trend tersendiri yang bisa dipadukan dengan setiap busana yang dipakai.

#MaskerKain #MotifTapis #Lampung

 

Editor : Kompastv Lampung



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:49
MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DUKUNG PENEGAKAN HUKUM BAGI PEMBUANG LIMBAH RADIOAKTIF ILEGAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SAMPAIKAN NADA POSITIF DAN OPTIMISTIS KEPADA MASYARAKAT DALAM HADAPI COVID-19   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19 AIRLANGGA HARTARTO SEBUT DAERAH ZONA MERAH DIDAHULUKAN DALAM VAKSINASI COVID-19   BUPATI BOGOR MINTA PENGUNJUNG PASAR DAN MAL TETAP TERAPKAN MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK, DAN MENCUCI TANGAN   ANTISIPASI BANJIR, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN HARAP CAMAT DAN LURAH DI JAKARTA PUNYA ALAT UKUR HUJAN   BADAN NARKOTIKA NASIONAL TELUSURI DUGAAN KEBUN GANJA DI TASIKMALAYA   BNN ACEH MUSNAHKAN 3,5 HEKTAR LADANG GANJA DI KAKI GUNUNG SEULAWAH, ACEH BESAR   KEMENSOS: 10 JUTA PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERIMA BANTUAN BERAS 45 KG PER KELUARGA   WAKIL MENTERI BUMN BUDI GUNADI SARANKAN PELAKU INDUSTRI JAGA ARUS KAS KEUANGAN HINGGA 2022   MENDAG DORONG USAHA KECIL MENENGAH JAJAKI PASAR EKSPOR KE BRASIL DAN ARGENTINA   WAKIL KETUA DPRD DKI M TAUFIK MINTA PEMPROV SEDIAKAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN   DUKUNG PERCEPATAN PENGEMBANGAN VAKSIN, KEMENRISTEK BERENCANA BANGUN PABRIK VAKSIN COVID-19 SKALA KECIL DI SERPONG   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT CERMAT DALAM MEMILAH DAN MEYIKAPI INFORMASI SOAL VAKSIN COVID-19   PANDEMI KORONA, SATGAS COVID-19: PENUNDAAN KOMPETISI SEPAK BOLA NASIONAL LIGA 1 DEMI KESELAMATAN MASYARAKAT