HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV travel jelajah indonesia

Ternyata Kandungan Aspal Buton Terbesar di Dunia

Kamis, 26 Maret 2020 | 18:33 WIB

BUTON, KOMPAS.TV

Hafizh Adyas meneruskan penjelajahannya di Bumi Buton. Benteng Wolio yang diklaim terluas di dunia, yang menjadi bangunan ikonik Pulau Buton, kampung Korea di Karya Baru yang menggunakan aksara Hangul untuk bahasa Cia-cia yang mereka gunakan. Kali ini Hafizh menuntaskan penasarannya tentang sebutan Pulau Buton sebagai daerah penghasil aspal.

Sejarah aspal Buton di awali sejak zaman penjajahan Belanda, yaitu dengan ditemukan deposit aspal alam di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, pada tahun 1924 oleh seorang Geolog Belanda yang bernama W.H. Hetzel. Pada tanggal 21 Oktober 1924 konsesi penambangan aspal Buton selama 30 tahun diberikan kepada seorang pengusaha Belanda bernama A. Volker, yang selanjutnya dipegang perusahaan Belanda N.V. Mijnbouw en Cultuur Maschappij Buton.

Pada tahun 1961 dibentuk Perusahaan Aspal Negara untuk pengelolaan aspal Buton. Pada tanggal 30 Januari 1984, Perusahaan Aspal Negara berubah menjadi PT Sarana Karya (Persero).  Berbagai metode pemanfaatan aspal Buton seperti Latasir, Latasbum, asbuton curah, asbunton micro, Buton Mastic Aspal mulai ditinggalkan. Kontraktor jalan lebih menyukai aspal minyak, karena metode produksi hotmixnya lebih efisien dan praktis.  Akibatnya aspal Buton masih belum mampu bersaing dengan aspal minyak impor.

Kebutuhan aspal di dalam negeri sekarang diperkirakan sebesar 1,5 - 2 juta ton per tahun. Untuk memenuhi kebutuhan aspal nasional yang besar ini, pemerintah masih harus mengimpor lebih dari 1 juta ton per tahun aspal minyak dari berbagai kilang di  luar negeri seperti dari Singapura, China, Korea, Kuwait, Iran, dan Malaysia. Indonesia merupakan Importir aspal minyak terbesar ke 10 di dunia. 

Pada awal tahun 2015 Presiden Joko Widodo menghentikan impor aspal minyak yang selama ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan aspal di dalam negeri. Selanjutnya mulai tahun 2016, pasokan aspal dalam negeri akan digantikan dengan aspal Buton. Nanti, pada tahun 2024 akan bertepatan dengan 1 abad aspal Buton.

Penulis : Herwanto



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:30
CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENTERIAN PAN-RB LARANG SELURUH ASN MUDIK SAAT LEBARAN 2020   KEMENTERIAN PAN-RB: KEBIJAKAN KERJA DARI RUMAH BAGI ASN DIPERPANJANG HINGGA 21 APRIL 2020   ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS KORONA, GUBERNUR SUMATERA BARAT MINTA PERBATASAN DARAT DAN LAUT DIPERKETAT   DAMPAK VIRUS KORONA, KERETA BANDARA SOEKARNO-HATTA KURANGI JADWAL OPERASIONAL HANYA 10 PERJALANAN   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 MENYATAKAN CAIRAN DISINFEKTAN SEHARUSNYA HANYA DISEMPROTKAN PADA BENDA MATI   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: CAIRAN DISINFEKTAN KURANG EFEKTIF LINDUNGI MANUSIA DARI VIRUS KORONA   KEMENAG AKAN SIAPKAN ASRAMA HAJI SEBAGAI ALTERNATIF RUMAH SAKIT DARURAT PASIEN VIRUS KORONA   MENDAGRI KELUARKAN SURAT EDARAN SOAL PEMBENTUKAN GUGUS TUGAS PENANGANAN VIRUS KORONA DI DAERAH   KEMENLU: 122 WNI DINYATAKAN POSITIF VIRUS KORONA PER 30 MARET 2020   YLBHI MINTA DPR BATALKAN PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DAN PRIORITASKAN PENANGANAN KORONA   FRAKSI PKS DPRD DKI MINTA PEMPROV DKI PASTIKAN KETERSEDIAAN PANGAN UNTUK WARGA JIKA TERAPKAN "LOCKDOWN"   PRESIDEN JOKOWI AKAN TERBITKAN PERPRES DAN INPRES UNTUK MENGATUR ARUS MUDIK LEBARAN 2020   PRESIDEN MINTA GUBERNUR, BUPATI, DAN WALI KOTA TINGKATKAN PENGAWASAN PEMUDIK DI WILAYAH MASING-MASING   PRESIDEN JOKOWI MENILAI PERLU LANGKAH TEGAS UNTUK CEGAH MASYARAKAT DI WILAYAH JABODETABEK MUDIK