Kompas TV video cerita indonesia

SAH! Ujian Nasional 2020 Resmi Dibatalkan

Kompas.tv - 24 Maret 2020, 13:43 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) resmi membatalkan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.

Ujian Nasional tingkat SMA sedianya dilaksanakan pekan depan. Sementara Ujian Nasional tingkat SMP dan SD dijadwalkan pada akhir April. 

Baca Juga: UN 2020 Resmi Ditiadakan, Kelulusan Siswa Bisa Ditentukan dari Nilai Rapor

Keputusan diambil usai diskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan instansi lain. Alasannya adalah yang terpenting keamanan  dan kesehatan.

Para siswa beserta keluarga masing-masing. Nadiem menyebut jika Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tempat-tempat pengujian dengan mengumpulkan banyak siswa akan timbulkan risiko kesehatan.

Sebelumnya, Syaiful Huda menyampaikan, melalui konsultasi daring bersama Mendikbud Nadiem Makarim yang digelar pada Senin (23/3/2020) malam, bahwa pelaksanaan UN dari tingkat SMA, SMP, hingga SD ditiadakan. 

Baca Juga: Guru Besar UGM Meninggal Dunia Usai Positif Corona, Jenazah Langsung Dimakamkan

Hal ini juga disampaikan Syaiful Huda melalui akun Instagram resminya @syaifulhooda. 

Unggahan ini juga langsung mendapatkan tanggapan dari akun Instagram resmi Kemendikbud @kemdikbud.ri. 

"Untuk menjawab puluhan ribu komentar dan pertanyaan terkait UN: Admin belum menerima informasi resmi mengenai pembatalan UN. Harap menunggu informasi resmi dari Kemendikbud. Terima kasih." 

#Mendikbud #UjianNasional #UN2020



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x