Kompas TV nasional berita kompas tv

Gubernur DKI Anies Baswedan Resmi Liburkan Sekolah di Jakarta Selama 2 Minggu

Sabtu, 14 Maret 2020 | 13:40 WIB
gubernur-dki-anies-baswedan-resmi-liburkan-sekolah-di-jakarta-selama-2-minggu
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Sumber: Kompas TV / Rani-Bismo)

Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup seluruh sekolah selama dua minggu ke depan. Penutupan sekolah terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona di Jakarta. Sebagai gantinya, Anies meminta kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui metode jarak jauh atau di rumah.

“Langkah ini diambil untuk menyelematkan seluruh warga DKI Jakarta,” kata Anies dalam konferensi persnya di Jakarta pada Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga: FULL Isi Himbauan Anies Baswedan Agar Terhindar dari Corona

Anies menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta agar sekolah-sekolah mempersiapkan diri, sehingga pada Senin (16/3/2020) sudah bisa terlaksana. 

Selain sekolah, Anies menambahkan, pihaknya juga meminta lembaga pendidikan non formal untuk menunda kegiatan belajar dan mengajar atau setidaknya melakukan kegiatan belajar lewat jarak jauh atau secara online. 

“Kami memutuskan untuk mengambil langkah tegas terkait penyebaran virus corona,” ujarnya.

Selain sekolah, sebelumnya Anies Baswedan menyatakan menutup tempat wisata di DKI Jakarta selama dua pekan ke depan. Ini ditujukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Anies mengimbau masyarakat agar menjaga jarak dan membatasi kontak dengan orang lain. Langkah ini, kata dia, merupakan hal yang lumrah dilakukan di tengah wabah pandemi global tersebut.

Baca Juga: Anies Sebut Virus Corona Sudah Meluas di Jakarta

"Ini sudah menjadi terminologi baku dalam persoalan Covid-19," ujar Anies.

Menurut Anies, pihaknya menutup tempat wisata di Jakarta dalam dua pekan demi menghindari interaksi sekaligus mengurangi kerumunan banyak orang. Sebab, kerumunan bisa berpotensi menyebabkan penularan.

"Semua destinasi liburan dan tempat wisata ditutup 2 minggu ke depan. Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup, museum yang dipegang oleh Pemprov tutup," kata Anies.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x