HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV internasional kompas dunia

Terbukti Jadi Penyandang Dana ISIS, 2 TKI Divonis Bersalah di Singapura

Jumat, 14 Februari 2020 | 12:06 WIB
Tentara Irak memperlihatkan bendera ISIS yang diperoleh setelah mereka merebut pertahanan ISIS di sebuah desa di sisi timur kota Mosul. (Sumber: (BULENT KILIC / AFP))


SINGAPURA, KOMPASTV - Dua Warga Negara Indonesia (WNI), Turmini (31) dan Retno Hernayani (37) divonis bersalah oleh Pengadilan Distrik Singapura karena mendukung kelompok teroris ISIS, Rabu (12/2/2020).

Kedua WNI tersebut merupakan asisten rumah tangga yang bekerja di Singapura. Mereka terbukti sebagai donatur dan penyandang dana kelompok yang berpusat di Suriah itu.

Seperti dikutip dari The Straits Times, majelis hakim yang dipimpin Christopher Tan ini menjatuhkan hukuman 3 tahun dan 9 bulan penjara kepada Turmini.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Tidak Memiliki Rencana Memulangkan ISIS Asal Indonesia

Turmin terbukti mengirimkan uang tunai sejumlah 1.216,73 dolar Singapura ke rekening dengan nama Edi Siswanto di Indonesia yang mendukung kelompok teroris ISIS dan Jemaah Anshaut Daulah (JAD).

Jaksa Penuntut membeberkan ada lima transaksi yang dilakukan Turmin melalui rekening majikan, untuk dikirimkan ke Edi. Sang majikan menyimpan sebagian dari gaji Turmin dengan masksud jika WNI asal sebuah Desa di Cilacap, Jawa Tengah itu ingin mengirim uang ke keluarga dapat dilakukan oleh sang majikan melalui trasnfer antar bank.

Selama permintaan transfer, majikan Turmin tidak mengetahui bahwa uang tersebut untuk membantu kelompok ISIS dan JAD, afiliasi ISIS di Indonesia.

Penulis : Johannes Mangihot




BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Cegah Longsor Dengan Rumput Vertiver

Sabtu, 22 Februari 2020 | 12:34 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:46
DUTA BESAR TIONGKOK UNTUK ASEAN DENG XIJUN TEGASKAN WABAH VIRUS KORONA TAK PENGARUHI HUBUNGAN TIONGKOK-ASEAN   KORSEL MENGONFIRMASI 142 KASUS BARU VIRUS KORONA SEHINGGA TOTAL 346 ORANG DI NEGERI GINSENG TERINFEKSI KORONA   KEMENKOMINFO MENJARING 119 KONTEN HOAKS ATAUPUN DISINFORMASI SOAL KORONA DARI 23 JANUARI-20 FEBRUARI 2020   KEMENKOMINFO MINTA MASYARAKAT BIJAK DALAM MEMILAH DAN MEMILIH INFORMASI SOAL VIRUS KORONA DI DUNIA MAYA   BUPATI SAMOSIR, SUMUT, OPTIMISTIS TARGET WISATAWAN 2020 TERPENUHI DI TENGAH WABAH VIRUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO PASTIKAN PENGUNGSI KORBAN BANJIR DI DESA KOSAMBI, KUDUS, AMAN    KEMENDIKBUD: REVISI UU 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN SANGAT DIPERLUKAN   WAKIL PRESIDEN MA’RUF AMIN MINTA GURU BERADAPTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0   PRESIDEN JOKO WIDODO: PERBAIKAN SARANA SEKOLAH PENTING UNTUK KEMBANGKAN SDM   MENTERI ERICK THOHIR SEBUT 130 BOS PERUSAHAAN BUMN MANGKIR DAN TAK SETORKAN RENCANA BISNIS 5 TAHUN KE DEPAN   BMKG PREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH DI DKI JAKARTA AKAN MENGALAMI HUJAN LOKAL HARI INI   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN: CUKAI MINUMAN BERPEMANIS TURUNKAN PERMINTAAN KARENA HARGA MAKIN MAHAL   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: KASUS JIWASRAYA TAK BOLEH DIBELOKKAN KE PERKARA PERDATA   KPK TEGASKAN PENGHENTIAN 36 KASUS DI TAHAP PENYELIDIKAN SUDAH SESUAI DENGAN UU