Kompas TV internasional kompas dunia

Terbukti Jadi Penyandang Dana ISIS, 2 TKI Divonis Bersalah di Singapura

Jumat, 14 Februari 2020 | 12:06 WIB
terbukti-jadi-penyandang-dana-isis-2-tki-divonis-bersalah-di-singapura
Tentara Irak memperlihatkan bendera ISIS yang diperoleh setelah mereka merebut pertahanan ISIS di sebuah desa di sisi timur kota Mosul. (Sumber: (BULENT KILIC / AFP))


SINGAPURA, KOMPASTV - Dua Warga Negara Indonesia (WNI), Turmini (31) dan Retno Hernayani (37) divonis bersalah oleh Pengadilan Distrik Singapura karena mendukung kelompok teroris ISIS, Rabu (12/2/2020).

Kedua WNI tersebut merupakan asisten rumah tangga yang bekerja di Singapura. Mereka terbukti sebagai donatur dan penyandang dana kelompok yang berpusat di Suriah itu.

Seperti dikutip dari The Straits Times, majelis hakim yang dipimpin Christopher Tan ini menjatuhkan hukuman 3 tahun dan 9 bulan penjara kepada Turmini.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Pemerintah Tidak Memiliki Rencana Memulangkan ISIS Asal Indonesia

Turmin terbukti mengirimkan uang tunai sejumlah 1.216,73 dolar Singapura ke rekening dengan nama Edi Siswanto di Indonesia yang mendukung kelompok teroris ISIS dan Jemaah Anshaut Daulah (JAD).

Jaksa Penuntut membeberkan ada lima transaksi yang dilakukan Turmin melalui rekening majikan, untuk dikirimkan ke Edi. Sang majikan menyimpan sebagian dari gaji Turmin dengan masksud jika WNI asal sebuah Desa di Cilacap, Jawa Tengah itu ingin mengirim uang ke keluarga dapat dilakukan oleh sang majikan melalui trasnfer antar bank.

Selama permintaan transfer, majikan Turmin tidak mengetahui bahwa uang tersebut untuk membantu kelompok ISIS dan JAD, afiliasi ISIS di Indonesia.

Editor : Johannes Mangihot

1
2
3



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Berita Daerah

Personel Pengamanan Pjs Gubernur Sulut

Selasa, 29 September 2020 | 02:20 WIB
Berita Daerah

Hadiah Juara Lomba Bantu Anak Sekolah

Selasa, 29 September 2020 | 02:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:34
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH