HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas bisnis

Mulai 1 Januari 2020, Iuran BPJS Kesehatan Naik

Selasa, 3 September 2019 | 13:04 WIB

Parlemen akhirnya memberikan lampu hijau pada pemerintah untuk menaikkan tarif iuran BPJS Kesehatan. Kenaikan tarif ini efektif berlaku pada 1 Januari 2020.

Tak semua golongan langsung naik. Hanya golongan I dan II saja yang sudah dapat persetujuan. Sedangkan golongan III dan Penerima Bantuan Iuran Pemerintah dan Pemda akan naik dengan syarat,yaitu pembersihan data alias data cleansing.

Hanya ada waktu 4 bulan bagi pemerintah menyosialisaikan kenaikan tarif BPJS ini. Rinciannya adalah tarif penerima bantuan dan kelas III masih tetap masing-masing Rp 23.000 dan Rp 25.000, kemudian nanti akan naik jadi Rp 42.000. Sedangkan iuranBPJS yang sudah pasti naik adalah kelas II dari Rp 51.000 jadi Rp 110.000 dan kelas I dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000.

Pemerintah akan mencari cara untuk menutupi biaya pada golongan yang tidak naik. Selain pembersihan data,parlemen juga meminta pemerintah menyelesaikan persoalan defisit BPJS Kesehatan. Defisit tahun ini diperkirakan Rp 32,8 triliun. Di sinilah akhirnya suntikan modal akan kembali diterima BPJS Kesehatan sebesar Rp 13 triliun.

"Satu per satu benang kusut defisit BPJS Kesehatan sedang diurai. Tetapi rasanya tak adil membiarkan pemerintah sendirian menyembuhkan "BPJS yang kesakitan". Masyarakat juga harus sadar diri sedang dibantu. Jangan sampai kelas satu I dan II beralih ke kelas III lantaran iuran yang belum naik," urai Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris.

#IuranBPJSKesehatan #BPJSKesehatan

Penulis : Idham Saputra | Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:00
JUMLAH KASUS KORONA DI ARMENIA: 9.492 POSITIF, 3.402 SEMBUH, 139 MENINGGAL DUNIA   PM ARMENIA NIKOL PASHINYAN MENYATAKAN DIA BERSAMA DENGAN KELUARGANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   ANGGOTA POLSEK DAHA SELATAN, KALSEL, BRIGADIR LEONARDO LATUPA YANG DISERANG KELOMPOK TERORIS NAIK PANGKAT   KEMENDAG: PENGUNJUNG PASAR DAN TOKO SWALAYAN DIBATASI MAKSIMAL 40% SAAT PENERAPAN TATANAN NORMAL BARU   JUMLAH PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN DIBATASI 35% SAAT KENORMALAN BARU DITERAPKAN   KEMENDAG: PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN WAJIB TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG KETAT SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL""   PSBB DI KOTA TANGERANG SELATAN DIPERPANJANG HINGGA 14 JUNI 2020   DITANGKAP KARENA GANJA, ARTIS PERAN DWI SASONO AJUKAN ASESMEN REHABILITASI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA: ARTIS PERAN DWI SASONO RUTIN KONSUMSI GANJA SELAMA BERADA DIRUMAH   HINGGA 1 JUNI 2020, DINKES DKI JAKARTA UJI 152.436 SPESIMEN DENGAN METODE PCR   HINGGA AKHIR MEI 2020, KEMENPERIN TERBITKAN SEKITAR 17.000 IZIN OPERASIONAL MOBILITAS DAN KEGIATAN INDUSTRI (IOMKI)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO INGATKAN ASN BERADAPTASI DENGAN SISTEM KERJA BARU SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS AJAK MASYARAKAT TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM PENERAPAN "NEW NORMAL"   YLBHI MINTA TNI TAK DILIBATKAN DALAM KENORMALAN BARU KARENA BERTENTANGAN DENGAN REFORMASI DAN TAP MPR