Kompas TV nasional aiman

China & Rusia Menyasar Pemilu? - AIMAN (1)

Kompas.tv - 21 Maret 2019, 14:00 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : I Wayan Gede Astaphala

Sebulan jelang pemilihan, warga Indonesia kembali dikejutkan dengan sejumlah polemik. Pekan ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menjadi perhatian. Ketua KPU Arief Budiman menyatakan situs KPU kerap kali diretas oleh sejumlah hacker, hampir setiap jam. Ia pun mengatakan, sejumlah IP Address baik dari domestik maupun internasional seperti IP Address dari China dan Rusia kerap menyasar dan meretas situs KPU. Siapakah yang diuntungkan dari serangan hacker asal China dan Rusia ini dalam Pemilu 2019?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Dedi Prasetyo mengungkap kejahatan siber (cyber crime) selalu meningkat 100% setiap tahun. Meski mayoritas serangan berupa penipuan, namun ia juga menyatakan menjelang Pemilu 2019 ini kejahatan siber dalam upaya mengganggu jalannya pesta demokrasi ini semakin meningkat.

Lantas bagaimana tanggapan kedua kubu peserta Pilpres 2019 menanggapi hal ini? Jurnalis KompasTV Aiman Witjaksono mewawancarai juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi Amin dan juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandi. Apa yang mereka sampaikan?

#KPUDiretas #Pemilu2019 #AimanKompasTV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x