Kompas TV nasional humaniora

Coldplay Ditolak Konser di Indonesia, Sandiaga Uno: Silakan dalam Koridor Hukum

Kompas.tv - 18 Mei 2023, 19:15 WIB
coldplay-ditolak-konser-di-indonesia-sandiaga-uno-silakan-dalam-koridor-hukum
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, saat mengikuti acara Bazar Murah Sembako bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/5/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

BEKASI, KOMPAS.TV - Tanggapi soal penolakan kedatangan grup band Coldplay di Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mempersilakan pihak yang keberatan untuk menempuh jalur hukum.

"Semua perizinan, semua persiapan akan kami lakukan secara menyeluruh dan jika ada masukan, jika ada yang ingin disampaikan, tentu ada kanal-kanalnya tersendiri, silakan dalam koridor hukum," kata Sandi menjawab pertanyaan wartawan di acara Bazar Murah Sembako bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/5/2023).

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 menyatakan akan melakukan aksi penolakan kedatangan Coldplay ke Indonesia karena dianggap mendukung komunitas LGBT.

Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin menegaskan, pihaknya siap menggelar demo besar-besaran apabila konser Coldplay tetap digelar.

Menanggapi rencana aksi massa atau demonstrasi tersebut, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mempersilakan, karena menilai hal itu sebagai ekspresi dari kebebasan berpendapat.

Baca Juga: Kalah War Tiket, Sandiaga Uno Undang Coldplay Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Superprioritas

"Terkait aksi unjuk rasa, unjuk rasa adalah kebebasan berpendapat, kami akan kawal apa tuntutannya," ujar Brigjen Ahmad, Rabu (17/5/2023), dilansir dari Tribunnews.

Meski begitu, ia mengaku pihaknya akan berkomunikasi terlebih dahulu untuk mengetahui materi penolakan yang disuarakan dalam aksi unjuk rasa nantinya.

"Kami harus komunikasi, kami ingin tahu apa yang harus kami kawal, ini kan kebebasan berpendapat," ujar jenderal bintang satu itu.

Ia pun menegaskan, Polri akan tetap mengamankan konser grup band asal Inggris itu pada tanggal yang sudah ditentukan.

"Konser Coldplay itu yang melakukan pengamanan ada di Polda Metro Jaya, ini merupakan kegiatan masyarakat yang menjadi kewajiban Polri untuk mengamankan kegiatan tersebut," ucapnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Belum Kebagian Tiket Konser Coldplay: Udahlah, kalau Nggak Dapet, Nggak Usah Dipaksa

"Seperti konser Blackpink kemarin, kewajiban kami untuk mengamankan kegiatan masyarakat, bagaimana konser berjalan aman, masyarakat dapat terhibur dan situasi aman lancar," imbuhnya.

Sebagai informasi, Coldplay akan datang ke Jakarta dan menggelar konser di Stadion Utama Bung Karno (SUGBK).

Konser yang merupakan rangkaian dari tur dunia bertajuk Music of the Spheres itu rencananya akan digelar pada 15 November 2023 mendatang.


 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x