Kompas TV regional papua maluku

Markas KKB Kembali Digerebek: 22 Orang Diamankan, Ada Pelajar, Mahasiswa, hingga Kepala Kampung

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 08:37 WIB
markas-kkb-kembali-digerebek-22-orang-diamankan-ada-pelajar-mahasiswa-hingga-kepala-kampung
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Markas KKB di Kompleks Ohio, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan digerebek tim gabungan dari Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo. (Sumber: Kompas.tv/Ant//Evarukdijati)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Tim gabungan dari Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo kembali melakukan penggerebekan terhadap rumah yang diduga dijadikan markas atau tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan simpatisannya.

Adapun penggerebekan markas KKB tersebut dilaksanakan di Kompleks Obio, Jalan Pertanian Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Tegaskan 4 Pegawai BTS di Papua Tidak Disandera oleh KKB

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan pihaknya membenarkan adanya penggerebekan yang dilakukan tim gabungan tersebut sekitar pukul 02.54 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Irjen Fakhiri menuturkan, penggerebekan markas KKB tersebut dilakukan di dua rumah berbeda yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy.

Dari penggerebekan tersebut, sebanyak 22 orang berhasil diamankan beserta barang bukti berupa senjata tajam dan senjata tradisional serta senapan angin.


 

"Saat ini mereka masih dimintai keterangan oleh penyidik di Mapolres Yahukimo di Dekai, " ujarnya. 

Irjen Mathius Fakhiri merinci, dalam penggerebakan tersebut, turut diamankan empat pelajar, dua mahasiswa, dan tiga kepala kampung telah diamankan.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Strategi Perlindungan Masyarakat Papua dari Ancaman KKB

Adapun 22 orang yang diamankan itu masing-masing berinisial PK (11), ES (17), MM (17), EG (19) yang merupakan pelajar.

Kemudian SP (21) dan SP (21) yang merupakan mahasiswa. Lalu, NK (21) kepala Kampung Pugun, YM (43) kepala kampung Ngalik, YG(45 TH) kepala kampung Yeriko Distrik Musaik.

Sisanya yakni OB (23), PH (26) NS (25), ES (19), MS (35), NS (25), MS (17), SB (24),OH (23),EH (25), NP (28), HL dan DK (34).

Sebelumnya, Tim gabungan dari Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz 2023 juga melakukan penggerebekan di salah satu rumah yang diduga tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Penggerebekan tersebut dilakukan di Jalan Paradiso belakang Kompleks Anggruk, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Kamis (4/5/2023).

Baca Juga: Tiga Jenderal TNI di Papua Dimutasi Usai Serangan KKB yang Menewaskan 5 Prajurit TNI

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan, penggerebekan dilakukan sekitar pukul 03.00 WIT dan mengamankan sembilan orang yang berada di rumah tersebut.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x