Kompas TV nasional rumah pemilu

Surya Paloh soal Bakal Cawapres Anies: Kita Lihat Dulu Siapa Pendamping Ganjar dan Prabowo

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 13:39 WIB
surya-paloh-soal-bakal-cawapres-anies-kita-lihat-dulu-siapa-pendamping-ganjar-dan-prabowo
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan pihaknya bersama Koalisi Perubahan untuk Persatuan masih belum memutuskan nama untuk diusung sebagai bakal cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu terdiri dari Nasdem, Demokrat, dan PKS. 

Baca Juga: Demokrat Tolak Usulan Duet Anies-Sandi: Cawapres Kami Tak Boleh Titipan Jokowi dan Luhut

"Lihat lihat dulu, Ganjar siapa wakilnya? Prabowo siapa wakilnya?" kata Surya Paloh di DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). 

Ia menyatakan, bakal cawapres Anies pada saat yang tepat nantinya bakal diumumkan. Namun, kini masih mencari seseorang yang dinilai terbaik untuk mendampingi mantan gubernur DKI Jakarta itu di pesta demokrasi. 

"Cari yang terbaik, kita masih banyak alternatif pilihan buat mulai memikirkan dan melihat pencapresan di luar Nasdem, pengusung lainnya," ujarnya. 

"Saya katakan lihat apa yang terbaik, pilihan yang terbaik, itu yang harus diperjuangkan. Nasdem salah satu motor penggerak, juga ada Demokrat dan PKS," ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali angkat bicara terkait sosok bakal calon wakil presiden atau cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Dia mengaku, penentuan bakal cawapres telah diserahkan sepenuhnya kepada bakal calon presiden (capres) koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan.

Hal ini disampaikan AHY saat menghadiri acara deklarasi Relawan Amanat Nasional (Anies), di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

"Tentunya semua sudah kita serahkan kepada bakal capres kita, Anies Baswedan. Ini sesuai dengan piagam kesepakatan yang telah ditandatangani ketiga partai," katanya.

Adapun piagam kesepakatan tersebut memberikan kewenangan penuh kepada Anies untuk memilih cawapres Pilpres 2024 mendatang.


 

Kendati demikian, AHY berharap Anies dapat memilih sosok bakal cawapres yang dapat membawa kemenangan di Pilpres 2024.

Baca Juga: Dari 5 Nama Kandidat Surya Paloh Tidak Tahu Siapa yang Dipilih Anies Baswedan sebagai Cawapres

"Kita serahkan secara penuh kepada mas Anies untuk menentukan, memilih calon wakil presiden yang memenuhi kriteria-kriteria yang kita harapkan benar-benar bisa membawa kemenangan untuk koalisi perubahan," ujarnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x