Kompas TV nasional politik

Dari 5 Nama Kandidat Surya Paloh Tidak Tahu Siapa yang Dipilih Anies Baswedan sebagai Cawapres

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 07:23 WIB
dari-5-nama-kandidat-surya-paloh-tidak-tahu-siapa-yang-dipilih-anies-baswedan-sebagai-cawapres
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berbicara dalam konferensi pers yang digelar seusai pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) telah menyodorkan lima nama yang akan dipilih Anies Baswedan sebagai pendampingnya di Pilpres 2024.

Rencananya Cawapres Anies ini akan diumumkan pada Juli 2024 atau empat bulan sebelum pendaftaran capres dan cawapres di KPU pada Oktober 2023. 

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjelaskan sedari awal Nasdem telah memberikan hak istimewa kepada Anies Baswedan memilih siapa pasangan yang akan mendampinginya di pemerintahan nanti. 

Meski sudah memberikan rekomendasi kandidat nama untuk cawapres Anies, Namun Nasdem tetap tidak memaksakan diri kepada Anies untuk memilih salah satunya.

Baca Juga: Kata Anies Baswedan Saat Ditanya Rekam Kerjanya di Jakarta Mulai Dihapus

"Kalau ditanya sejujurnya saya tidak tahu (cawapres pilihan Anies). Kita yakin calon presiden kita tentu memahami itu," ujar Surya Paloh saat wawancara eksklusif di KOMPAS TV, Senin (8/5/2023).

Lebih lanjut Surya menjelaskan Nasdem memiliki pandangan, seorang pemimpin tidak harus dari internal partai. 

Jika ada putra terbaik bangsa, maka tokoh tersebut lah yang akan dipilih. Langkah itu bukan berarti Nasdem tidak mendidik kadernya menjadi pemimpin, tapi Nasdem tidak ingin mengkotak-kotakkan potensi terbaik. 

"Pemahaman dan pemikiran Nasdem dia tidak lagi terkotakkan, terpisahkan oleh apakah calon ini dari internal dari eksternal. Sekarang sudah ada metodologi aspek pendekatan yang menurut saya nilai saintifik-nya bisa dipertangungjawabkan," ujar Surya. 

Baca Juga: Tanggapan Santai Surya Paloh Ditanya Soal Elektabilitas dan Cawapres Anies Baswedan

Adapun dari PKS menyodorkan mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher sebagai kandidat cawapres Anies Baswedan.

Sedangkan dari Partai Demokrat, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan tetap menyerahkan Anies Baswedan untuk menentukan sendiri pasangannya di Pilpres 2024. 

Namun yang jelas, cawapres Anies harus bisa membawa kemenangan bagi Koalisi Perubahan untuk Persatuan. 

"Yang intinya kita memberikan kewenangan secara penuh kepada Mas Anies untuk menentukan, memilih pada saatnya cawapres yang memenuhi kriteria-kriteria yang kita harapkan bisa membawa kemenangan untuk Koalisi Perubahan," ujar AHY, Minggu (7/5/2023).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x