Kompas TV lifestyle travel

Libur Panjang Naik Kereta Jangan Lupa Wisata Kuliner Dekat Stasiun, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 06:05 WIB
libur-panjang-naik-kereta-jangan-lupa-wisata-kuliner-dekat-stasiun-ini-daftarnya
Stasiun Bandung adalah salah satu stasiun yang dekat dengan destinasi kuliner legendaris. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini, kereta api bukan hanya sebuah moda transportasi, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup bagi jutaan orang setiap harinya.

Dari momen perjalanan yang singkat hingga perjalanan jauh, kereta api menawarkan pengalaman unik yang tak terlupakan. 

Namun, tahukah Anda, di sekitar stasiun-stasiun kereta, tersimpan ragam kelezatan kuliner yang patut untuk dicoba? Banyak di antaranya adalah destinasi wisata kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. 

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pengguna kereta api bisa menyempatkan diri berwisata kuliner di dekat stasiun-stasiun kereta api.

"Masyarakat dapat memanfaatkan kereta api untuk berwisata. Banyak destinasi menarik di dekat stasiun, mulai dari taman kota hingga bangunan bersejarah. Selain itu, terdapat destinasi wisata kuliner yang menawarkan menu autentik serta tempat yang unik," kata Joni dalam keterangan tertulis KAI, dikutip Jumat (24/5/2024). 

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja 23-26 Mei 2024, KAI Tambah Perjalanan Kereta Selama Libur Waisak

"Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan lokal di sekitar stasiun-stasiun tersebut saat melakukan perjalanan dengan kereta api. Untuk mengetahui rute, jadwal, dan pembelian tiket kereta, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access by KAI,” tuturnya. 

Dilansir dari laman resmi KAI, berikut destinasi wisata kuliner dekat stasiun kereta api yang layak dicoba:

1. Stasiun Medan

Stasiun Medan bukan hanya tempat transit, tetapi juga merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Di sini, anda wajib mencicipi Lontong Stasiun Kereta Api yang begitu lezat. 

Rasa santan yang kaya, disajikan dengan kuah yang kental dan gurih, membuat lontong khas Medan menjadi pilihan yang tepat untuk memulai petualangan kuliner kamu di kota ini. 

"Lontong di sini spesialis malam, jam operasionalnya mulai pukul sore hingga menjelang tengah malam. Setelah menikmati kelezatan di sini, anda bisa mampir ke Jembatan Titi Gantung yang sangat populer di Kota Medan untuk bersantai dan menikmati pemandangan kota," tutur KAI. 

Baca Juga: KAI Siapkan 20 Kereta Tambahan untuk Long Weekend Waisak, Bandung hingga Malang jadi Rute Favorit

2. Stasiun Tanjung Karang

Stasiun Tanjung Karang merupakan tempat yang tepat untuk menikmati kuliner legendaris seperti Pempek 55 Hj. Eti, Bakso Rusuk Simpur, atau Nasi Uduk Toha Kartini. Nikmati kelezatan kuliner khas Tanjung Karang sebelum melanjutkan perjalanan Anda. 

3. Stasiun Bogor

Stasiun Bogor memang terkenal dengan keindahan, tetapi jangan salah, kuliner di sekitar stasiun ini juga tak kalah memikat. 

"Cicipi Mie Kocok Mawar yang gurih, Soto Daging Ala Mang Bonin yang nikmat, atau Mie Ayam Bakso Apollo yang menggugah selera. Setelah itu, nikmati suasana sejuk Bogor dengan berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor yang tak jauh dari stasiun," ujar KAI. 

4. Stasiun Bandung



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x