Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dishub Gunungkidul Turun Langsung ke Jalan Pantau Arus Balik untuk Antisipasi Kemacetan

Kompas.tv - 25 April 2023, 22:35 WIB
dishub-gunungkidul-turun-langsung-ke-jalan-pantau-arus-balik-untuk-antisipasi-kemacetan
Petugas Dinas Perhubungan Gunungkidul mengatur lalu lintas di wilayah perbatasan Gunungkidul -Bantul. (Sumber: ANTARA/HO-Dishub Gunung Kidul)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memantau langsung arus balik Lebaran 2023 guna mengantisipasi kemacetan di jalur yang menghubungkan wilayah Bantul dan Gunungkidul.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto memprediksi, arus balik Lebaran 2023 terjadi dua gelombang pascakebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN memperpanjang masa cuti lebaran.

Ia mengatakan, gelombang pertama diprediksi terjadi pada hari Selasa ini. Sedangkan gelombang kedua terjadi pada akhir pekan, yaitu antara 30 April dan 1 Mei 2023.

Gelombang pertama, arus balik akan didominasi oleh pemudik Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini dikarenakan mereka akan kembali masuk kerja lebih awal. Sedangkan untuk gelombang kedua, kemungkinan banyak pekerja dari swasta.

Baca Juga: Usai Konten soal Kedai di Rest Area Tol Cipali yang Getok Harga Viral, Politikus PSI Klarifikasi

"Kami mengantisipasi dua gelombang arus balik. Berdasarkan informasi dari pusat ada dua gelombang arus balik, kami harus antisipasi itu," kata Rakhmadian Wijayanto di Gunungkidul, Selasa (25/4/2023) dikutip dari Antara.

"Kami akan memberlakukan lagi pembatasan angkutan barang. Ada dua kali periode pembatasan sesuai gelombang mudik supaya arus balik lancar," tambahnya.

Adapun skenario pembatasan angkutan barang, yakni periode pertama pada 24-26 April 2023, mulai 00.00 WIB hingga 08.00 WIB. Sedangkan periode kedua pada 29 April hingga 2 Mei 2023 dari 00.00 WIB hingga 08.00 WIB.

"Pembatasan angkutan barang dikecualikan untuk BBM hingga sembako," kata Rakhmadian.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Antonius Purwanta mengatakan, angkutan barang hanya diizinkan melintas di luar jam tersebut. Saat pembatasan, angkutan barang diminta menepi dulu.

Ia juga menilai pemecahan arus balik jadi dua gelombang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan arus lalu lintas bisa lebih lancar karena pemudik tidak pulang secara bersamaan.

"Jadinya arus balik nanti tidak terlalu padat kondisinya," katanya.

Baca Juga: Arus Balik, Jalur Fungsional Tol Solo-Yogyakarta Padat


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x