Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Arus Balik, Jalur Fungsional Tol Solo-Yogyakarta Padat

Kompas.tv - 25 April 2023, 18:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI,KOMPAS.TV - Jalan Tol Fungsional Solo-Yogyakarta yang sudah mulai dibuka untuk arus balik Lebaran 2023, mulai 25 April hingga 1 Mei 202, yakni dibuka searah dari Sawit menuju Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Antusiasme pemudik yang melalui jalan tol fungsional ini terpantau tinggi, hal ini dikarenakan jalan arteri solo jogja juga mengalami kepadatan jika dibandingkan dengan hari biasa.

Direktur Utama PT Jogja Solo Marga Makmur, JMM, Suchandra P. Hutabarat, saat ditemui di Exit Tol Banyudono, mengatakan kondisi lalu lintas di Jalan Tol Fungsional Solo Yogyakarta cukup padat, karena antusiasme masyarakat untuk melalui jalan tol fungsional ini cukup tinggi.

Dirinya belum bisa memprediksi naik berapa persen dari jumlah saat arus mudik kemarin, namun dirinya memperkirakan jumlah pengguna jalan Tol Fungsional Solo Yogyakarta ini lebih tinggi saat arus balik jika dibandingkan dengan arus mudik kemarin.

Lebih lanjut Suchandra P. Hutabarat menjelaskan dari tingginya animo masyarakat tersebut menjadikan padatnya jalan tol, utamanya di pintu keluar Banyudono. Hal ini juga dikarenakan traffic lights di Simpang Empat Ngasem, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, durasinya terlalu lama. Sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan yang akan keluar dari Tol Fungsional Solo-Yogyakarta.

“Jadi per hari ini (Selasa, 25 April) mulai dibuka diperioritaskan untuk arus balik di Colomadu dan kondisi lalin cukup padat, dan banyak masyarakat yang melintas untuk arus mudik saat ini lebih tinggi,” ucap Suchandra P. Hutabarat, Direktur Utama PT Jogja Solo Marga Makmur.

Sementara itu, salah satu pemudik yang akan melanjutkan perjalanan balik ke Semarang, Bambang, mengatakan dirinya sengaja memilih jalan tol agar tidak terkena kemacetan, karena di jalan arteri Solo Jogja arus lalu lintas cukup padat. Namun ketika akan keluar tol fungsional dirinya justru terjebak antrean kendaraan. Kendati demikian dirinya menilai jalan tol fungsional ini sudah cukup membantu mengurangi jarak dan waktu tempuh.

“Mau ke Semarang, iya sengaja lewat sini buat gak macet tapi ternyata macet ke Ndelanggu, dan belum berfungsi secara maksimal dan llumayan membantu,” ujar Bambang, pemudik

Dengan animo masyarakat yang memilih melalui jalan Tol Fungsional Solo Yogyakarta pada arus balik Lebaran 2023, diprediksi jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol fungsional lebih banyak jika dibandingkan dengan saat arus mudik Lebaran 2023 kemarin.

#arusmudik #arusbalik #tolfungsional 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x