Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Sudah Sediakan 1 Juta Tiket Mudik Lebaran 2023, KAI Pastikan Tidak Ada Tambahan Lagi

Kompas.tv - 17 April 2023, 05:47 WIB
sudah-sediakan-1-juta-tiket-mudik-lebaran-2023-kai-pastikan-tidak-ada-tambahan-lagi
Pemudik memadati Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (16/4/2023). PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan tidak ada lagi penjualan tiket tambahan meskipun animo masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api masih tinggi menjelang Lebaran 2023. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan tidak ada lagi penjualan tiket tambahan untuk mudik Lebaran 2023, meski minat masyarakat masih tinggi.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pada masa angkutan Lebaran 2023 yang dimulai dari 12 April hingga 3 Mei, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 juta tiket kereta api jarak jauh.

1 juta tiket itu terbagi dalam 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

"Iya, betul tidak ada lagi tiket tambahan," kata Eva seperti dikutip dari Antara, Minggu (16/4/2023).

Ia menyampaikan, jumlah tersebut termasuk dengan 303 perjalanan KA tambahan yang tiket nya sudah dijual sejak 13 Maret.

Baca Juga: MTI Kurang Setuju One Way Diterapkan saat Musim Mudik dan Balik Lebaran 2023, Ini Alasannya

KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit , seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

PT KAI juga melayani penjualan tiket "go show" untuk pemesanan tiket dan perjalanan pada hari yang sama, pemesanan dapat dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun tiket yang dijual "go show" menyesuaikan dengan ketersediaan tiket pada aplikasi KAI Access.

Eva menyatakan, tiket kereta api jarak jauh yang masih tersedia pada masa angkutan Lebaran 2023, antara lain KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp), KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp).

Selain itu, ada pula KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), KA Taksaka (Gambir - Yogyakarta pp), KA Purwojaya (Gambir - Cilacap), KA Senja Utama Yk (Pasar Senen - Yogyakarta pp).

Baca Juga: Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Digratiskan untuk Mudik Lebaran 2023

Sedangkan perjalanan kereta api yang okupansi nya mencapai 100 persen, yaitu KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp).

Kemudian, KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama - Ketapang pp), KA Ranggajati (Cirebon - Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp).

Untuk di Stasiun Gambir, KAI menyediakan beragam fasilitas pendukung seperti gerbang check-in tambahan di pintu utara. Fasilitas itu untuk menghindari penumpukan penumpang yang biasanya masuk ke peron dari pintu selatan atau pintu keberangkatan.

"Selain itu, terdapat water station yang menyediakan air bersih siap minum gratis bagi para penumpang,"ujar Eva.

"Sejumlah tempat pengisian air minum tersebut tersebar di sejumlah titik di ruang tunggu Stasiun Gambir," ujarnya.

Baca Juga: Jadwal Kebijakan One Way Mudik Lebaran 2023 dari Tol Cikampek KM 72 hingga GT Kalikangkung

Mengingat vaksin COVID-19 masih merupakan syarat wajib bagi penumpang kereta api, maka PT KAI juga menyediakan posko kesehatan yang melayani vaksinasi bagi pemudik di Stasiun Gambir.


 

Kenyamanan para pemudik perempuan juga menjadi salah satu perhatian di Stasiun Gambir dengan ketersediaan mushola khusus perempuan dan ruang laktasi.

Disediakan juga lift khusus dan ruang tunggu khusus yang menyediakan camilan dan minuman gratis bagi para penumpang kereta api panoramic dan luxury.

"DAOP 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan, untuk memastikan angkutan Lebaran berjalan aman dan lancar," tuturnya.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x