Kompas TV regional jawa barat

Tol Cisumdawu Ruas Cimalaka-Dawuan Digratiskan untuk Mudik Lebaran 2023

Kompas.tv - 16 April 2023, 15:03 WIB
tol-cisumdawu-ruas-cimalaka-dawuan-digratiskan-untuk-mudik-lebaran-2023
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) membuka jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2023. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4 hingga seksi 6 sepanjang 29,3 km siap difungsionalkan untuk mendukung arus mudik Lebaran 2023.

Menurut Basuki, terdapat tiga faktor yang menentukan kelancaran mudik, yaitu kesiapan infrastruktur, pengaturan lalu lintas, dan perilaku pengemudi.

Dalam hal infrastruktur, Tol Cisumdawu seksi 4 hingga seksi 6 dari Cimalaka sampai Dawuan, siap dimanfaatkan secara fungsional.

Baca Juga: Waspada Microsleep Saat Mudik Jarak Jauh, Pengemudi Harus Istirahat Tiap 3 Jam Sekali

"Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," jelas Basuki dalam keterangan yang diterima Kompas TV, Sabtu (16/4/2023).

Jalan Tol Cisumdawu seksi 4 hingga seksi 6 terdiri dari seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km), dan seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,1 km).

Selain itu, Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga telah menyiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik.

Baca Juga: Mudik Lebih Awal, Anda Dapat Diskon Tarif Tol di Tanggal 16-18 April, Berikut Lokasinya...

Basuki menargetkan seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan beroperasi penuh pada awal Juni 2023, setelah arus mudik Lebaran berakhir.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 km sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," lanjutnya.

Dalam pengaturan lalu lintas tol fungsional, Basuki menegaskan pihaknya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

Baca Juga: Pemerintah Pastikan Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik Lebaran Tahun Ini

"Apakah tol Cisumdawu ini akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri. Hal ini tentunya dengan mempertimbangkan kondisi traffic di tol Cipularang dan tol Cipali, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan karena penambahan dua lajur di Cisumdawu ini," ujar Basuki.





Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x