Kompas TV internasional kompas dunia

Tornado Menghantam 11 Negara Bagian di AS, Sedikitnya 32 Orang Tewas

Kompas.tv - 3 April 2023, 07:12 WIB
tornado-menghantam-11-negara-bagian-di-as-sedikitnya-32-orang-tewas
Tumpukan reruntuhan bangunan yang hancur di Rolling Fork, Mississippi, Amerika Serikat (AS), Sabtu (25/3/2023), usai tornado menghantam wilayah ini pada Jumat (24/3) malam. (Sumber: AP Photo/Rogelio Solis)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

WYNNE, KOMPAS.TV — Tornado besar melanda Amerika Serikat (AS), dari Arkansas hingga Delaware. Sedikitnya 32 orang tewas dalam peristiwa ini.

Badai merobek jalan yang melalui Arkansas dan juga meruntuhkan atap tempat konser yang penuh sesak di Illinois. Warga di seluruh wilayah terdampak terkejut dengan besarnya tornado yang meninggalkan kerusakan berat.

"Kami masih menaksir kerusakan yang terjadi. Kami tahu keluarga di seluruh Amerika berduka karena kehilangan orang-orang yang mereka cintai. Ada juga orang yang masih menunggu kabar dari orang yang mereka cintai, dan memilah-milah puing-puing rumah dan bisnis mereka," kata Presiden AS Joe Biden seperti dikutip dari The Associated Press. 

Baca Juga: Beginilah Kondisi Arkansas AS Pasca Diterjang Tornado Little Rock...

Biden sebelumnya menyatakan peristiwa ini sebagai bencana besar, yang membutuhkan sumber daya besar untuk pemulihannya.

Gubernur Sarah Huckabee Sanders di Arkansas mengumumkan keadaan darurat dan mengoperasikan pasukan Garda Nasional. Sedikitnya lima orang tewas di Arkansas.

Tornado itu melanda 11 negara bagian di AS dan menghancurkan rumah, pusat bisnis, pepohonan, dan meniupkan sampah ke lingkungan perumahan penduduk.

Layanan Cuaca Nasional mengkonfirmasi hari Minggu (2/4/2023) bahwa tornado merusak beberapa rumah di dekat Bridgeville, Delaware. Satu orang ditemukan tewas di dalam rumah yang rusak parah akibat badai pada Sabtu malam.

Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk memastikan seluruh korban dan kerusakan yang terjadi. Hingga kini diketahui sedikitnya sembilan orang tewas di Tennessee, lima orang di Indiana, dan empat orang di Illinois. Selain itu badai yang melanda pada Jumat malam hingga Sabtu lalu juga mengakibatkan kematian di Alabama dan Mississippi.


 

Warga Wynne, Arkansas, sebuah komunitas berpenduduk sekitar 8.000 orang dekat Memphis, Tennessee, terbangun pada hari Sabtu dan menemukan atap sekolah menengah telah rusak dan jendelanya pecah. Sedikitnya empat orang tewas di kota ini.

Baca Juga: Tornado Landa Mississippi, Bantuan Mulai Berdatangan

Ashley Macmillan mengatakan dia, suaminya, dan anak-anak mereka berkerumun dengan anjing mereka di kamar mandi saat tornado lewat di dekat rumah mereka. 

"Kami saling berdoa dan mengucapkan selamat tinggal, karena kami pikir kami akan mati," ujarnya.

Sebuah pohon tumbang merusak rumah mereka, namun demikian mereka masih beruntung karena selamat tanpa cedera. 

Tennessee mencatat setidaknya 15 kematian, termasuk sembilan kematian di McNairy County, sebelah timur Memphis.




Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x