Kompas TV internasional kompas dunia

Tornado Landa Mississippi, Bantuan Mulai Berdatangan

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 09:10 WIB
tornado-landa-mississippi-bantuan-mulai-berdatangan
Tumpukan reruntuhan bangunan yang hancur di Rolling Fork, Mississippi, Amerika Serikat (AS), Sabtu (25/3/2023), usai tornado menghantam wilayah ini pada Jumat (24/3) malam. (Sumber: AP Photo/Rogelio Solis)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

MISSISSIPPI, KOMPAS.TV — Bantuan mulai mengalir ke salah satu wilayah termiskin di Amerika Serikat (AS) yang dilanda tornado pada Minggu (26/3/2023). Tornado yang melanda Mississippi, sedikitnya menewaskan 26 orang dan puluhan orang lainnya luka-luka.

"Semua yang bisa saya lihat dalam keadaan hancur," kata Jarrod Kunze, yang berkendara ke kota Rolling Fork, Mississippi, yang dalam keadaan rusak berat. 

Kunze termasuk di antara para sukarelawan yang bekerja pada hari Minggu untuk mendistribusikan makanan dan minuman kepada orang-orang yang terdampak tornado.

Kru pencarian dan pemulihan melanjutkan tugas berat menggali melalui rumah-rumah yang kini rata dengan tanah, bangunan komersial, dan kantor kota yang rusak. 

Baca Juga: Korban Tewas Tornado Mississippi Capai 26 Orang, Walikota: Kota Saya Hilang

Badai melanda begitu cepat sehingga departemen sheriff di Rolling Fork hampir tidak punya waktu untuk membunyikan sirene untuk memperingatkan 2.000 warga. 

"Dan pada saat mereka memulai sirene, badai telah melanda dan menghancurkan sirene yang terletak tepat di sini," kata Wali Kota Eldridge Walker seperti dikutip dari The Associated Press. Wali Kota mengatakan kotanya hancur.

“Sharkey County, Mississippi, adalah salah satu kabupaten termiskin di negara bagian Mississippi, tapi kami masih bertahan,” katanya. 

Presiden Joe Biden mengeluarkan deklarasi darurat untuk Mississippi pada Minggu pagi, serta menyediakan dana federal untuk daerah yang paling terpukul.


 

“Bantuan sedang dalam perjalanan,” kata Gubernur Mississippi Tate Reeves pada konferensi pers dengan para pemimpin lokal, negara bagian dan pemimpin federal.

Upaya pemulihan di Mississippi sedang berlangsung bahkan ketika Layanan Cuaca Nasional memperingatkan cuaca masih akan lebih buruk pada hari Minggu. Diperkirakan masih akan terjadi angin kencang, hujan es besar, dan kemungkinan tornado di Georgia, Louisiana, Mississippi, dan Alabama.

Baca Juga: Tornado Dahsyat Terjang Mississippi AS, 23 Tewas, Kota Kecil Lenyap, Pemburu Badai pun Ketakutan

Sekitar 100 bangunan rusak, dengan setidaknya 30 tidak dapat dihuni, dan lima orang menderita luka ringan. Banyak jalan, termasuk Interstate Highway 85 harus diblokir karena terhalang puing-puing.

Dua harimau melarikan diri sebentar dari kandang mereka di Wild Animal Safari di Pine Mountain, Georgia, setelah taman tersebut mengalami kerusakan parah akibat tornado. “Keduanya sekarang telah ditemukan, ditenangkan, dan dikembalikan ke kandang yang aman,” ujar pernyataan kebun Binatang tersebut dalam laman Facebooknya.



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.