Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sandiaga Singgung Kerugian Sektor Pariwisata andai Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U20 2023

Kompas.tv - 27 Maret 2023, 21:46 WIB
sandiaga-singgung-kerugian-sektor-pariwisata-andai-indonesia-batal-gelar-piala-dunia-u20-2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan keterangan pers kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Sumber: ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sektor pariwisata mengalami kerugian signifikan apabila Indonesia batal menggelar Piala Dunia U20 2023. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno mengatakan Piala Dunia U20 sebagai event sport tourism berpotensi mendatangkan jutaan wisatawan mancanegara dan miliaran wisatawan nusantara. 

Sandiaga bahkan telah menyampaikan kesiapan peran kementerian pariwisata dalam gelaran Piala Dunia U20 kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir. 

“Kita menghitung peluang kunjungan wisman yang signifikan dan juga berkaitan dengan pergerakan wisatawan nusantara yang tahun ini 7,4 juta wisman dan pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar,” kata Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2023) dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Mahfud Tegas Indonesia Tak Berhubungan Diplomatik dengan Israel, tapi Cari Jalan Piala Dunia Digelar

“Dan kita juga pastikan kesiapan destinasi pariwisata dan juga produk ekonomi kreatif umkm yang nanti disiapkan dari bagian perhelatan tersebut,” kata dia.

Namun, muncul gerakan penolakan masif dari sejumlah pihak soal kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U20 2023. 

Bahkan, drawing Piala Dunia U20 2023 yang rencananya digelar di Bali pada 31 Maret mendatang, resmi dibatalkan. 

Di tengah isu batalnya Piala Dunia U20 ini, Sandiaga menyinggung soal kerugian yang diterima pihaknya. 

Baca Juga: Cek Stadion di Bali, Pihak FIFA Ngaku Tak Tahu soal Kelanjutan Piala Dunia U20 di Indonesia

“Ini masih dihitung tapi jelas ada beberapa event internasional yang besar-besar dan yang terbesar ini adalah Piala Dunia U20 2023," papar Sandiaga. 

"Jadi ini pasti akan sangat berdampak negatif terhadap pencapaian target wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan,” jelas dia.

Terlepas dari itu, Piala Dunia U20 2023 dijadwalkan bergulir pada 20 Mei-11 Juni di enam kota Indonesia; Palembang, Jakarta, Bandung, Surakarta, Surabaya, dan Gianyar. 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x