Kompas TV video vod

Jelang Hari Raya Nyepi, 31 Dusun di Bali Ikuti Lomba Ogoh-Ogoh

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 16:43 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV – Sebanyak 31 dusun atau Banjar di Kabupaten Bangli, Bali mengikuti lomba ogoh-ogoh jelang Hari Raya Nyepi umat Hindu Bali.

Baca Juga: Ogoh-Ogoh Unik Berbahan Kulit Nangka

Dalam lomba ini ogoh-ogoh yang dibuat harus menggunakan bahan ramah lingkungan.

Satu per satu ogoh-ogoh yang dibuat warga di Kabupaten Bangli dinilai pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, Bali.

Sebanyak 31 dusun atau Banjar mengikuti lomba ogoh-ogoh di Kabupaten Bangli menampilkan karya terbaik dengan beragam tema yang mengambil tokoh pewayangan Bali dan butakala atau roh jahat dalam cerita Bali.

Untuk penilaian ogoh-ogoh yang dibuat harus menggunakan bahan yang ramah lingkungan anatomi perpaduan warna kerapian karakter yang harus menceritakan tokoh pewayangan Bali, Butakala atau roh jahat dan penilaian lainnya.

Sementara para pemuda sangat antusias menyambut lomba ogoh-ogoh ini dengan menampilkan karya terbaik mereka, pasalnya lomba ini baru pertama kali dilakukan setalah 2 tahun lebih pandemi covid-19.

Mereka berharap agar lomba ogoh-ogoh ini tidak hanya dilakukan penilaian di tempat tetapi juga dibuatkan parade agar bisa mempadukan seni ogoh-ogoh dengan seni yati dan gambelan Bali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x