Kompas TV regional berita daerah

Ogoh-Ogoh Unik Berbahan Kulit Nangka

Kompas.tv - 9 Maret 2023, 13:12 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

DENPASAR, KOMPAS TV - Pada Nyepi kali ini banyak ogoh-ogoh yang dilombakan dan menggunakan bahan ramah lingkungan.  Salah satu yang menarik yakni ogoh-ogoh  yang dibuat Sekaa Truna Adhi Kusuma,  Banjar Tegal Kuwalon, Denpasar.  Ogoh-ogoh yang mengangkat kisah raksasa bhuta langkir yang tengah mengganggu manusia ini,  menggunakan bahan kulit nangka.  

Ogoh-ogoh yang terdiri dari 3 sosok masing masing 2 sosok manusia dan 1 sosok bhuta kala atau raksasa ini, bagian kulitnya seluruhnya menggunakan kulit nangka.

Pembuatan  ogoh-ogoh dengan bahan kulit nangka ini,  menghabiskan sekitar 5 karung kulit nangka,  yang didapat dari limbah kulit nangka dari penjual nangka kupas di pasar.

Kulit nangka tersebut direbus dan disangrai untuk menghilangkan getah.  Kemudian ditempelkan pada ogoh-ogoh. Selain menggunakan kulit nangka,  hiasan ogoh-ogoh juga menggunakan biji-bijian seperti biji jagung, kacang hijau, kacang merah dan biji lainnya, yang  disusun rapi hingga membentuk motif yang indah.

I Made Bagiastra, konseptor ogoh-ogoh mengatakan, ia tertarik menggunakan kulit nangka selain karena ketersediaanya bahan,  juga karena kulit nangka saat kering tekstur dan warnanya sesuai dengan karakter ogoh-ogoh.

Pembuatan ogoh-ogoh ini menghabiskan anggaran 15 juta,    dibuat selama 1 bulan,  serta melibatkan  sekaa truna truni atau  para pemuda dan pemudi di ST. Adhi Kusuma.

 

 

 

 

 

#ogoh-ogoh   #kulitnangka    #harirayanyepi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x