Kompas TV nasional politik

Prabowo Terbang Naik Jet Tempur F-16, Turun Dapat Brevet Kehormatan TNI AU: Pengalaman Luar Biasa

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 14:13 WIB
prabowo-terbang-naik-jet-tempur-f-16-turun-dapat-brevet-kehormatan-tni-au-pengalaman-luar-biasa
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dapat Brevet Wing Penerbang TNI AU hari ini, Rabu (8/3/2023) (Sumber: ANTARA/Gilang Galiartha)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terbang selama 30 menit menaiki pesawat tempur F-16 TNI AU TS-1601 pada hari ini, Rabu (8/3/2023) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Prabowo terbang didampingi Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang menaiki Pesawat Tempur F-16 TNI AU TS-1621.

Usai terbang, ia pun turun dan langsung disematkan Brevet Wing Penerbang Kehormatan Kelas I dari TNI Angkatan Udara (AU) oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. 

Usai terbang dan dapat brevet kehormatan TNI AU, Prabowo mengaku bangga dan mengakui, jadi pilot pesawat tempur itu sulit. 

"Saya sangat kagum dan membuat kita semakin sadar bahwa pertahanan itu bukan suatu kemewahan. Pertahanan adalah syarat untuk kita terus merdeka," kata Prabowo, Rabu, selepas Prosesi Upacara Penyematan Brevet Wing Penerbang Kelas I.

Baca Juga: Kompak Barbaju Putih, Prabowo Puji Jokowi Selalu Dukung Pertahanan RI: Dalam Sejarah Itu Terbesar

"Saya ikut dalam suatu penerbangan yang sebenarnya sangat singkat tapi bagi saya pengalaman luar biasa," ucapnya.

Prabowo lantas mengaku, sulit jadi penerbang apaagi pesawat tempur canggih yang dimiliki TNI AU. 

"Ini kehormatan, tapi lebih dari itu saya diberi pengalaman sehingga saya sangat appreciate, saya sangat merasakan pertahanan itu tidak gampang," katanya dilansir Antara. 

Ia juga menyebut, tanpa adanya pertahanan yang kuat, negara akan diinjak-injak bangsa lain. 

"Tanpa pertahanan yang kuat, kita akan selalu diganggu dan diinjak-injak bangsa lain. Sumber daya alam kita akan dicuri, kedaulatan kita akan diganggu," ujarnya.


 

"Tanpa pertahanan kuat, kekayaan kita akan diambil terus. Saya kira, itu pelajaran yang saya dapat hari ini," ujarnya.

Baca Juga: Bareng Prabowo, Jokowi Ungkap Canggihnya Pesawat Super Hercules C-130J, Bisa Angkut Ratusan Prajurit

Sebelummya seperti KOMPAS.TV beritakan, pada pagi hari sebelum mendapatkan brevet kehormatan TNI AU, Menhan Prabowo menemani Presiden Jokowi  memukul kendi dan menyiram moncong Pesawat Super Hercules C-130J.

Pesawat Super Hercules itu diserahkan untuk TNI Angkatan Udara pada hari ini, Rabu (8/3) di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Pesawat Super Hercules itu, kata Jokowi saat peresmian, tidak hanya satu melainkan bakal ada 4 pesawat super lain yang akan didatangkan guna memperkuat pertahanan RI. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x