Kompas TV nasional politik

Kompak Barbaju Putih, Prabowo Puji Jokowi Selalu Dukung Pertahanan RI: Dalam Sejarah Itu Terbesar

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 11:29 WIB
kompak-barbaju-putih-prabowo-puji-jokowi-selalu-dukung-pertahanan-ri-dalam-sejarah-itu-terbesar
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sama-sama pakai baju putih dalam peresmian pesawat C 130 J Super Hercules di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023) (Sumber: KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sama-sama kompak berbaju putih dalam penyerahan Pesawat Super Hercules C-130J untuk TNI Angkatan Udara (AU) pada hari ini, Rabu (8/3/2023) di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. 

Prabowo dalam kesempatan itu melontarkan pujian untuk Jokowi yang disebutnya sebagai pemimpin yang selalu mengutamakan rakyat. 

Selain itu, dalam sejarah pertahanan RI dukungan pemerintah kepada Pertahanan RI disebutnya paling besar. 

"Dukungan pemerintahan Pak Joko Widodo saya lihat dalam sejarah untuk pertahanan itu terbesar," kata Prabowo, Rabu, diikuti dari Breaking News Kompas TV. 

Baca Juga: Bareng Prabowo, Jokowi Ungkap Canggihnya Pesawat Super Hercules C-130J, Bisa Angkut Ratusan Prajurit

Selain itu, Jokowi juga dipuji punya prioritas yang tepat untuk rakyat. Termasuk ketika ada bahaya Covid-19 melanda, Jokowi terdepan utamakan keselamatan rakyat.

"Beliau punya prioritas, kita kemarin mengalami Covid yang sangat berbahaya, jadi prioritas beliau, kita utamakan keselamatan rakyat," jelas ketum Partai Gerindra itu. 

Baca Juga: Momen Jokowi Pecahkan Kendi saat Prosesi Serah Terima Super Hercules Baru ke TNI AU

Sebelumnya seperti KOMPAS.TV beritakan, Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memukul kendi dan menyiram moncong Pesawat Super Hercules C-130J.

Pesawat Super Hercules itu diserahkan untuk TNI Angkatan Udara pada hari ini, Rabu (8/3) di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Lantas, Presiden Jokowi kepada awak media mengungkapkan bagaimana canggihnya pesawat ini yang disebutnya bisa membawa ratusan prajurit sekaligus.

Selain itu, Pesawat Super Hercules juga mampu terbang sampai 11 jam digunakan keliling Indonesia. 

"Yang kita terima pada hari ini pesawat yang sangat canggih," kata Jokowi, Rabu.

"Tadi saya sudah masuk, (Pesawat Super Hercules) ini bisa mengangkut, kalau pasukan yang pakai dengan parasut artinya penerjun itu bisa mengangkut 98," jelas Jokowi. 


 

"Tapi kalau hanya pasukan bukan penerjun, bisa 128 pasukan dan bisa mengangkut 19,9 ton," tambah dia,

Dengan kecanggihan pesawat ini, kata Jokowi, operasi militer dan non militer seperti kemanusiaan bisa dilakukan oleh TNI AU. 

"Artinya ini bagus untuk operasi militer maupun operasi non militer. Bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam," tutur Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x