Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mengintip Fasilitas KA Panoramic, Pantry Snack dan Kopi hingga Toilet Sensor Otomatis

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 05:52 WIB
mengintip-fasilitas-ka-panoramic-pantry-snack-dan-kopi-hingga-toilet-sensor-otomatis
KA Panoramic. (Sumber: Dok. KAI Wisata)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Panoramic atau KA Panoramic akan beroperasi kembali pada bulan Februari 2023. Hal itu dilakukan setelah KAI mengevaluasi perjalanan Kereta Panoramic sebelumnya di masa angkutan Nataru tahun 2022/2023.

"Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan," kata Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/1/2023). 

Ilud menyampaikan, dalam pengoperasian KA Panoramic direncanakan akan berjalan dengan pola perjalanan yang sama dengan kereta wisata lainnya. Yakni Pola FIT (Perorangan) dan Pola Charter atau Sewa.


 

Untuk rangkaian saat ini, Kereta Panoramic ada 2 rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak  38 seat tempat duduk, dari sebelumnya ada 46 seat tempat duduk. 

Baca Juga: Menhub: Tak Usah Jauh-jauh ke Swiss kalau Mau Naik KA Panoramic

"Perubahan atau pengurangan seat tersebut adalah upaya meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan sehingga para penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar," tutur Ilud.

Ia menambahkan, kereta panoramic ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman  yang akan diberikan oleh petugas  Train Attendent Pramugari (TAP) ke para penumpang.

Untuk keamanan bagasi, setiap penumpang nantinya akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas.

Kereta Panoramic kini ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke Para Penumpang Kereta Panoramic. (Sumber: Dok. KAI Wisata)

"Setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi," ujar Ilud. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x