Kompas TV feature news or hoax

[FULL] Aksi Pembelaan Diri Sambo Cs, hingga Hoax Pulau Jawa Tenggelam | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 31 Januari 2023, 08:00 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Agenda sidang pembacaan pembelaan kelima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat dilaksanakan selama dua hari berturut-turut.

Kuat Ma’ruf menjadi terdakwa pertama yang menyampaikan pembelaan atas dakwaan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua. Disusul oleh Ricky Rizal dan Ferdy Sambo yang juga menyampaikan pembelaannya pada Selasa (24/01/23).

Baca Juga: Tak Ada Faktor Meringankan, Kenapa Jaksa Tak Tuntut Hukuman Mati Ferdy Sambo? | NI LUH

Mereka mengaku bahwa mereka tidak mengetahui dan tidak merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua. Sementara itu, Putri Candrawathi dan Richard Eliezer menyampaikan pembelaan diri terkait kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Rabu (25/01/23).

SEPAK TERJANG PEMBUNUH BERANTAI

Nama Wowon Erawan menjadi perbincangan karena dugaan melakukan pembunuhan berantai bersama beberapa rekannya. Laki-laki paruh baya tersebut diduga telah membunuh paling tidak 9 orang.

Namanya mencuat ketika berita tentang kasus keracunan yang menimpa 5 orang dalam satu keluarga di Bekasi pada Kamis (12/01/23). Namun, seiring berjalannya waktu, korbannya terus bertambah. Polisi juga terus menyelidiki apa motif kasus pembunuhan berantai ini, selain motif ekonomi.

HOAX PULAU JAWA AKAN TENGGELAM JIKA SEMUA ES DI BUMI MENCAIR

Beredar video yang memperlihatkan penampakan satelit pulau Jawa yang semakin rendah dari permukaan air laut karena pemanasan global yang terus berlanjut. Namun, video dengan topik yang sama telah ditemukan di sebuah channel YouTube yang menerangkan bahwa video tersebut merupakan video yang memperlihatkan peta banjir di Pulau Jawa ketika permukaan air laut naik sampai 3.600 meter.

Meskipun seluruh es di bumi mencair, permukaan air laut tidak akan naik sampai  850 meter dan cenderung menenggelamkan pinggiran-pinggiran pulau saja.

Oleh sebab itu, video yang mengklaim bahwa ketika seluruh es bumi mencair, permukaan air laut akan naik 850 meter dan pulau Jawa akan tenggelam menyisakan puncak gunung merupakan Hoax.

HOAX TEROWONGAN MENEMBUS GUNUNG DI SUMATERA BARAT

Telah beredar video yang mengklaim dua jalan panjang menembus pegunungan terletak di Sumatera Barat. Terowongan tersebut dikatakan telah dibangun oleh presiden Joko Widodo sebagai persembahannya kepada warga Sumatera Barat.

Nyatanya, video identik ditemukan pada laman Facebook Civil Engineering Discoveries dengan judul South Korean Highways Credit Civil Engineering Discoveries. Keterangan dalam video tersebut menyatakan bahwa terowongan panjang yang menembus gunung tersebut terletak di Guizhou, Tiongkok. Oleh sebab itu, narasi video yang mengklaim adanya terowongan panjang menembus gunung yang berada di Sumatera Barat adalah Hoax.

Baca Juga: Hukuman Jauh dari Harapan, Banyak Pihak Tolak Tuntutan Sambo Cs | NI LUH

MISINFORMASI: AIR REBUSAN MIE INSTAN KAYA AKAN NUTRISI

Beredar video dengan narasi yang mengklaim air rebusan mi instan kaya akan vitamin dan nutrisi. Air rebusan mi instan yang keruh diakibatkan adanya zat lilin. Namun, ahli gizi mengatakan bahwa mi mengandung berbagai vitamin yang larut dalam air dan tidak ada penggunaan lilin pada  mie.

Oleh sebab itu, video dengan narasi air rebusan mi kaya akan vitamin dan nutrisi adalah hoaks karena dibandingkan dengan kandungan nutrisinya, zat lain seperti natrium dan pengawetnya akan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

HOAX AIR LAUT TIBA-TIBA MENGHILANG SECARA MISTERIUS

Telah beredar video amatir yang memperlihatkan berbagai fenomena alam yang terjadi di beberapa tempat di indonesia dan belahan dunia lainnya dengan narasi detik-detik air laut yang hilang secara misterius. Namun, setelah dicek kebenarannya, video yang beredar adalah kumpulan hilangnya air akibat bencana alam.

Oleh sebab itu, video dengan narasi hilangnya air laut secara misterius adalah informasi yang tidak benar atau Hoax.

#sambo #pulaujawatenggelam #hoax #wowoncsAA



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x