Kompas TV entertainment selebriti

Melaney Ricardo Klarifikasi Soal Video Kode Minta Tolong: I m Okay, Tidak Tertekan, Tidak Bahaya

Kompas.tv - 23 Januari 2023, 14:39 WIB
melaney-ricardo-klarifikasi-soal-video-kode-minta-tolong-i-m-okay-tidak-tertekan-tidak-bahaya
Video Melaney Ricardo gerakan empat jari disebut minta pertolongan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artis Melaney Ricardo buka suara soal videonya yang viral di media sosial karena disebut meminta pertolongan.

Dalam video tersebut, Melaney Ricardo membagikan video tentang kesannya bertemu dengan selebgram Bunda Corla. Saat berbicara, Melaney beberapa kali menggerakkan tangan seperti kode meminta bantuan.

Melaney menghadapkan telapak tangan dan empat jari ke kamera dengan jari jempol yang dilipat ke bagian telapak tangan. Kemudian, dia menggenggam tangannya. Kode ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang tengah mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Baca Juga: Soal Dugaan KDRT, Kuasa Hukum Ferry Irawan Desak Venna Melinda Tunjukkan Bukti Hidung Patah

Melalui akun TikTok-nya, istri Tyson James Lynch itu akhirnya mengklarifikasi. Dia mengatakan bahwa saat ini tengah dalam keadaan yang baik dan tidak tertekan.

"I'm okay, aku dalam keadaan sehat wal afiat, tidak tertekan, tidak dalam keadaan yang membahayakan, sampai saat ini aku sehat, bahagia," katanya di akun TikTok @melaney_ricardo, Minggu (22/1/2023).

Dia lantas menjelaskan tengah mencoba fitur baru di aplikasi Instagram sehingga memberikan tanda empat jari. Melaney sendiri tak tahu menahu jika gerakan itu merupakan kode minta tolong.

"Aku pribadi tidak tahu bahwa ternyata empat jari seperti ini sebetulnya lambang orang yang bersangkutan memberikan pesan bahwa butuh pertolongan," jelasnya,

Lebih lanjut, alasannya menggunakan empat jari tersebut karena untuk menyembunyikan kuku palsu di jempol yang copot.

Perempuan 41 tahun itu mengatakan bahwa hal ini membuat dirinya belajar mengenai gerakan empat jari tersebut. Dia lantas berterima kasih kepada semua pihak yang mengkhawatirkan keadaannya.

Baca Juga: Kisah Petugas Kebersihan Stasiun Yogyakarta Temukan Tas Berisi Rp44 Juta

Sebagai informasi, kode minta tolong empat jari tersebut dibuat oleh Canadian Women's Foundation di tengah pandemi Covid-19. 

Melalui kode tersebut, korban kekerasan dapat memberikan kondisinya kepada kerabat atau orang lain secara sembunyi-sembunyi melalui sambungan video.

Signal for Help. (Sumber: canadianwomen.org)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x