Kompas TV internasional kompas dunia

Sambut 2023, Angkatan Laut Rusia Akan Diperkuat Kapal Selam Jelajah Bertenaga Nuklir

Kompas.tv - 31 Desember 2022, 21:00 WIB
sambut-2023-angkatan-laut-rusia-akan-diperkuat-kapal-selam-jelajah-bertenaga-nuklir
Ilustrasi. Bendera Rusia di Melitopol, Ukraina yang kini dikuasai Rusia. Angkatan Laut Rusia dilaporkan akan menerima kapal selam jelajah strategis bertenaga nuklir Kaisar Aleksandr III yang ditargetkan memulai operasi pada 2023. (Sumber: Straits Times)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Angkatan Laut Rusia dilaporkan akan menerima kapal selam jelajah strategis bertenaga nuklir Kaisar Aleksandr III yang ditargetkan memulai operasi pada 2023 mendatang. Kapal selam ini tengah dikembangkan dalam program bertajuk Proyek 955A (Borei-A).

Selain itu, kata Kepala Staf Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolay Yemenov, pihaknya juga akan menerima empat kapal selam lain dan 12 kapal perang permukaan.

"Pada 2023, Angkatan Laut (Rusia) akan menerima tugas penting dan berskala-besar, termasuk tujuan prioritas, menerima kapal jelajah strategis Kaisar Aleksandr III dengan rudal balistik, empat kapal selam, dan 12 kapal permukaan dan kapal pendukung ke dalam Angkatan Laut," kata Laksmana Yevmenov dikutip TASS, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Rusia Bantah Tuduhan Hendak Lenyapkan Negara Ukraina: Barat Coba Merepresentasikan Kami Seperti Itu

Selain itu, Angkatan Laut Rusia dilaporkan tengah mengembangkan senjata bepresisi-tinggi lain dan sistem rudal untuk digunakan tahun depan.

Divisi infanteri marinir pun akan dibentuk untuk memperkuat Angkatan Laut Rusia pada 2023. Sebelumnya, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu menyampaikan pihaknya akan membentuk lima divisi infanteri marinir untuk memperkuat pasukan pertahanan pesisir Angkatan Laut Rusia.

Kapal selam jelajah Kaisar Aleksandr III sendiri telah diapungkan pada 29 Desember lalu. Ini adalah kapal selam bertenaga nuklir ketujuh yang dihasilkan Proyek 955.

Kapal selam-kapal selam dari Proyek 955 didesain menjadi andalan pasukan nuklir strategis Rusia dari medan laut.

Dibanding penduhulunya, yakni kapal selam seri Borei, kapal selam Borei-A memiliki kemampuan bersembunyi yang lebih baik, kapabilitas manuver di laut dalam, dan sistem kontrol senjata yang ditingkatkan.

Kapal selam strategis bertenaga nuklir Kaisar Aleksandr III rencananya akan diuji coba pada Juni 2023 mendatang.

Baca Juga: Macron: Indonesia dan Prancis Bergerak Maju Kerja Sama Jet Tempur Rafale dan Kapal Selam Scorpene

 



Sumber : TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x