Kompas TV regional update

Warga Diimbau Waspada, BMKG: Potensi Banjir Rob Cukup Besar di Pesisir Utara Jabar dan Jateng

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 14:49 WIB
warga-diimbau-waspada-bmkg-potensi-banjir-rob-cukup-besar-di-pesisir-utara-jabar-dan-jateng
Ilustrasi. Potensi banjir rob di pesisir Jawa Barat hingga Jawa Tengah pada akhir 2022 hingga Februari 2023 (Sumber: KompasTV/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prakirawan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Nanda, mengungkapkan bahwa potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) cukup besar pada akhir 2022 hingga awal tahun 2023.

"Secara kebetulan untuk beberapa hari terakhir, potensi rob juga cukup besar di pesisir utara Jabar dan Jateng sehingga masyarakat di wilayah-wilayah tersebut masih harus mewaspadai potensi tersebut hingga awal Februari (2023) nanti," kata Nanda di Kompas Pagi Kompas TV, Jumat (30/12/2022).

Ia menyebut, berdasarkan citra satelit BMKG, pesisir utara Jawa menjadi daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem dengan bentukan awan hujan yang sangat intensif.

"Dan pola-pola ini masih akan terjadi hingga awal Februari sehingga masyarakat di pesisir utara Jabar, Banten, Jakarta, Jateng, hingga Jatim masih harus waspada mengingat potensi hujan cenderung masih akan terkonsentrasi di pesisir utara Jawa," ujarnya.

Baca Juga: 35 Warga di Kawasan Marina Semarang Dievakuasi setelah Banjir Rendam Perumahan akibat Cuaca Ekstrem

Ia juga menerangkan, hujan dengan intensitas lebat diprakirakan masih akan mengguyur wilayah di Pulau Jawa hingga akhir Januari 2023.

"Berdasarkan hasil analisis kami, pada akhir tahun ini, karena memang hanya beberapa hari saja, kecenderungannya akan menurun. Untuk Januari, di pertengahan Januari hingga akhir Januari 2023 (hujan) diprakirakan akan terjadi kembali," ujarnya.

Selain itu, Nanda mengungkapkan bahwa pada perayaan Tahun Baru 2023, terdapat potensi hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), namun tidak selebat beberapa hari terakhir.

"Artinya, hujannya akan cenderung hujan ringan hingga sedang, ini yang mungkin juga perlu diantisipasi, karena kita tahu ketika pergantian tahun baru nanti banyak sekali agenda-agenda yang dilaksanakan secara outdoor," ujarnya.

Baca Juga: BMKG Imbau Warga Jabodetabek Waspadai Cuaca Buruk Akhir Tahun 2023: Potensinya Sangat Besar

Menurut Nanda, potensi hujan di wilayah Jabodetabek pada malam pergantian tahun hingga dini hari perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat. 

"Ketika ada potensi hujan di malam hingga dini hari, ini perlu menjadi kewaspadaan kita," ucapnya.

Baca Juga: Kawasan Marina Semarang Teredam Banjir akibat Cuaca Ekstrem, Plt Wali Kota: Penahan Ombak Jebol


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x