Kompas TV nasional update

BMKG Imbau Warga Jabodetabek Waspadai Cuaca Buruk Akhir Tahun 2023: Potensinya Sangat Besar

Kompas.tv - 30 Desember 2022, 08:36 WIB
bmkg-imbau-warga-jabodetabek-waspadai-cuaca-buruk-akhir-tahun-2023-potensinya-sangat-besar
Prakirawan cuaca BMKG, Nanda, menjelaskan tentang potensi cuaca ekstrem atau cuaca buruk di Jabodetabek pada akhir tahun 2022, Jumat (30/12/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia Intan F)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prakirawan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Nanda, menjelaskan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi besar dilanda cuaca buruk berupa hujan lebat dan petir pada akhir tahun 2022.

"Sebetulnya untuk cuaca buruk di wilayah Jabodetabek memang untuk beberapa terakhir potensinya sangat besar, dan diprakirakan hingga tanggal 31 (Desember 2022) esok potensinya juga masih ada," ujar Nanda pada program Kompas Pagi di Kompas TV, Jumat (30/12/2022).

Ia menyatakan, potensi hujan lebat cenderung akan terjadi pada dini hari di pesisir utara Jakarta.

"Ini yang perlu diwaspadai masyarakat, potensi hujan sedang hingga lebat di pesisir utara Jakarta dan cenderung akan terjadi pada dini hari, sehingga ini perlu jadi kewaspadaan kita bersama dari malam hingga dini hari," terangnya.

Meski begitu, Nanda menyatakan BMKG telah memprakirakan puncak cuaca ekstrem di Jabodetabek terjadi pada bulan Januari atau awal Februari 2023.

Baca Juga: Status Siaga dari BMKG, Daerah di Indonesia Ini Wajib Waspadai Cuaca Ekstrem Akhir Tahun 2022

"Puncak musim hujan di wilayah Jabodetabek, akan terjadi pada kisaran bulan Januari dan atau menjelang awal Februari nanti, sehingga untuk saat ini belum memasuki puncak musim hujan di Jabodetabek," jelas dia.

"Artinya, masyarakat Jakarta memang masih harus waspada hingga awal Januari nanti atau pun pertengahan Januari," imbuhnya.

Puncak musim hujan, menurut Nanda, ditandai dengan frekuensi hujan yang sering, durasi hujan yang lebih lama, serta intensitas hujan yang lebih tinggi pada waktu malam hingga dini hari.

Baca Juga: BMKG Ungkap Jabodetabek Berpotensi Hujan Ekstrem Besok hingga Lusa: Bukan Badai

Tahun baru berpotensi hujan di Jabodetabek

Selain itu, Nanda mengungkapkan, pada perayaan Tahun Baru 2023, terdapat potensi hujan di Jabodetabek, namun tidak selebat beberapa hari terakhir.

"Artinya, hujannya akan cenderung hujan ringan hingga sedang, ini yang mungkin juga perlu diantisipasi, karena kita tahu ketika pergantian tahun baru nanti banyak sekali agenda-agenda yang dilaksanakan secara outdoor," tambahnya.

Menurut Nanda, potensi hujan di wilayah Jabodetabek pada malam pergantian tahun hingga dini hari perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat. 

"Ketika ada potensi hujan di malam hingga dini hari, ini perlu menjadi kewaspadaan kita," jelasnya.

Ia juga menyebut, hujan akan cenderung menurun sesaat pada akhir tahun 2022, namun hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa hujan akan kembali terjadi pada pertengahan hingga akhir Januari 2023.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x