Kompas TV regional gaya hidup

Kiat Sukses Mencapai Financial Freedom

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 15:00 WIB
kiat-sukses-mencapai-financial-freedom
Financial Freedom adalah hal yang diimpikan oleh banyak orang. (Sumber: Freepik)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memiliki keuangan yang stabil merupakan impian semua orang, salah satunya adalah financial freedom. Mengutip Ramsey Solutions, financial freedom (kebebasan finansial) adalah kondisi ketika seseorang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa harus pusing memikirkan keuangan.

Artinya, kita siap secara finansial untuk menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidup karena tidak punya utang, punya uang di bank yang cukup, dan mampu berinvestasi untuk masa depan. Pendek kata,kita yang justru mengendalikan keuangan alih-alih dikendalikan.

Namun, ada beberapa hal yang menghalangi kita untuk mencapai financial freedom. Hal-hal tersebut dapat kalian ketahui dalam siniar CUAN bertajuk “Hal-Hal yang Menghalangi Kamu Financial Freedom” yang dapat diakses melalui dik.si/CUANFFreedom

Jika ingin mencapai financial freedom, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, dalam prosesnya tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Ada usaha, darah, dan keringat yang harus dipertaruhkan.

Mengutip dari Investopedia, berikut adalah lima cara mencapai financial freedom.

1. Tetapkan Tujuan Hidup

Setiap orang pasti memiliki pemaknaan yang berbeda jika diminta tujuan melakukan financial freedom. Hal inilah yang membuat cara meraihnya pun berbeda-beda. Untuk itu, buatlah tujuan yang jelas agar semakin spesifik jumlah dan tenggat waktunya.

Baca Juga: Benarkah Pertemanan Perempuan dan Laki-Laki Tak Bisa Tanpa Cinta?

Kita bisa menjawab beberapa pertanyaan ini sebelum menetapkan tujuan.

  1. Bagaimana gaya hidup impian kita?
  2. Berapa banyak uang yang harus dimiliki untuk mencapainya?
  3. Berapa batas umur untuk mencapainya?

2. Buat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan yang mencatat pemasukan dan pengeluaran adalah cara untuk menjamin agar semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai rencana. Pasalnya, banyak orang yang sering kali tak membuat anggaran dan mereka terlena dalam menghambur-hamburkan uang karena tak ada track record yang bisa dipantau.

3. Lunasi Kartu Kredit dan Utang

Kartu kredit dan pinjaman berbunga tinggi lainnya adalah racun bagi kita yang ingin mencapai financial freedom. Itulah mengapa penting untuk memastikan tak ada utang atau pinjaman yang kita lakukan sebab biasanya mereka memiliki bunga yang besar.

Jika terlanjur menggunakannya, kita harus lebih disiplin untuk mengembalikannya tepat waktu agar bunga tak semakin besar.

4. Buat Alokasi yang Terstruktur

Dalam keuangan, terdapat skala prioritas yang harus dipenuhi. Aturlah skala tersebut sesuai tingkat urgensi. Artinya, bagilah uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan lain, seperti dana darurat, bayar asuransi dan pajak, hingga uang dingin untuk berinvestasi.

5. Mulailah Berinvestasi Sekarang

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu kita mencapai financial freedom adalah berinvestasi. Dengan berinvestasi, kita bisa mendapatkan hasil yang positif alih-alih menabung di bank yang mendapat potongan admin tiap bulannya.

Baca Juga: Begini Caranya Mengetahui Tren Pasar

Namun, ingatlah bahwa bermain saham itu tidak mudah. Jadi, sebaiknya, sebelum terjun berinvestasi, kita harus meningkatkan literasi finansial terlebih dahulu agar hasilnya tak buntung.

Lalu, apa sajakah hal-hal yang menghambat financial freedom?

Yuk, langsung aja dengerin jawabannya dalam siniar CUAN episode “Hal-Hal yang Menghalangi Kamu Financial Freedom” yang dapat diakses melalui dik.si/CUANFFreedom.   

Di sana, ada banyak pula informasi seputar keuangan yang bisa menambah literasi finansialmu. Tunggu apalagi? Ikuti siniarnya sekarang juga agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya!

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x