Kompas TV entertainment selebriti

Bocoran Konsep Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, Mrajak Sewu Jadi Ornamen

Rabu, 30 November 2022 | 05:05 WIB
bocoran-konsep-dekorasi-ngunduh-mantu-kaesang-dan-erina-mrajak-sewu-jadi-ornamen
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar acara ngunduh mantu di Loji Gandung. Konsep acara tersebut akan mengusung tema Mataram Islam. (Sumber: Instagram/@erinagudono)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono makin dekat. Untuk acara ngunduh mantu, Asmoro Dekorasi dipercaya untuk mempercantik lokasi acara.

Art Director Asmoro Dekorasi, Pandji Vasco Dagama, membocorkan konsep dekorasi pada upacara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina yang akan digelar di Loji Gandrung.

Pandji mengatakan, dekorasi yang dipilih adalah tema Mataram Islam karena mempelai adalah orang asal Solo dan Yogyakarta.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang, Warga Sekitar Rumah Erina Gudono Diimbau Tidak Terima Tamu, Kenapa?

Pihaknya akan membuat beberapa ornamen yang khas dengan Mataram Islam Yogyakarta dan Solo. Salah satu ornamen penting yang akan digunakan adalah mrajak sewu.

“Kami bikin satu visual di antaranya mrajak sewu. Ini kita ambil dari konsep berdirinya Kerajaan Mataram Islam,” kata Pandji, Selasa (29/11/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Mrajak sewu adalah ornamen yang berbentuk punden, dibuat dari daun jati, kepala cengkir gading, bambu, dan cabai yang masing-masingnya memiliki makna mendalam.

"Daun jati yang kami imajinasikan sebagai daun jati dari alas Donoloyo. Di mana di situ berdirinya Keraton Jogja dan Keraton Solo. Kalau untuk cengkir gading itu adalah sebuah filosofi kencenge pikir bahwa ini kegiatan yang memang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sudah dipertimbangkan,” jelas Pandji.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina, Iriana Cek Menu di Pura Mangkunegaran

“Kemudian, ada mrajak sewu bambu dan lombok sebagai identifikasi dari sebuah hajatan di mana kami memohon kepada alam agar mendukung semua kegiatan ini," lanjut dia.

Nantinya, ornamen ini akan diletakkan di Loji Gandrung, bersanding dengan dekorasi pernikahan yang lain, termasuk gebyok dari ornamen Solo dan Jogja.

Mrajak sewu, salah satu ornamen yang akan diletakkan sebagai dekorasi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)

Tak lengkap rasanya jika tak ada dekorasi bunga di sebuah acara pernikahan. Pandji menyebutkan beberapa jenis bunga yang akan dipajang, yakni bunga anggrek, kasablanka, pikok, baby breath, dan material lain-lain.

“Semuanya nuansa putih,” pungkasnya.

Baca Juga: Berpakaian Serba Hitam, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Mangkunegara I - IX

Sebagai informasi, pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada 10 Desember 2022.

Setelahnya, pada 11 Desember 2022, acara dilanjutkan di Solo. Acara ngunduh mantu akan digelar di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo yang berada di Jalan Slamet Riyadi.

Setelah acara ngunduh mantu, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono beserta rombongan keluarga akan melakukan kirab menggunakan kereta kencana. Mereka akan bergerak dari Loji Gandung ke Pura Mangkunegaran.


 


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x