Kompas TV entertainment selebriti

Berpakaian Serba Hitam, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Mangkunegara I - IX

Kompas.tv - 29 November 2022, 15:38 WIB
berpakaian-serba-hitam-kaesang-pangarep-dan-erina-gudono-ziarah-ke-makam-mangkunegara-i-ix
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono ziarah ke Makam Mangkunegara I - IX, Selasa (29/11/2022). (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono berziarah ke makam penguasa Pura Mangkunegaran, yakni Mangkunegara I hingga IX di tiga lokasi, Selasa (29/11/2022).

Keduanya kompak mengenakan pakaian serba hitam. Kaesang Pangarep mengenakan beskap dan blangkon warna hitam, sementara Erina Gudono mengenakan kebaya hitam dengan rambut disanggul.

Tak hanya berdua, mereka didampingi oleh salah satu kerabat Pura Mangkunegaran, Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Lirik Priarso.

Baca Juga: Sejarah Pura Mangkunegaran yang Berusia 265 Tahun, Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo

Juru kunci Astana Oetara makam Mangkunegara IV, Hariyanto, mengatakan bahwa Kaesang dan Erina pergi ke tiga lokasi, yakni Astana Oetara, Astana Girilayu, dan Astana Mangadeg.

“Dia mau ziarah. Kan Mangkunegara I, II, III di Mangadeg. Mangkunegara IV, V, VII, VIII, dan IX di Girilayu. Nah (Mangkunegara) VI di sini (Astana Oetara),” kata Hariyanto, Selasa, seperti dikutip dari Kompas.com.

Hari mengatakan bahwa Kaesang dan Erina fokus berziarah menjelang pernikahannya.

Dia menjelaskan, tak ada adat ziarah sebelum menikah.

Namun, beberapa tokoh melakukan ziarah sebelum melangsungkan acara besar. Misalnya, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berziarah ke Makam Mangkunegaran sebelum dinobatkan sebagai Mangkunegara X.

“Sebelumnya mau jadi Mangkunegara ke X juga ke sini. Gibran juga pernah ke sini,” jelas Hariyanto.

Baca Juga: Perlengkapan Salat dan Uang Rp300 Ribu Jadi Mas Kawin Kaesang-Erina

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina akan menikah pada 10 Desember 2022 mendatang di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Mereka juga akan menggelar pesta resepsi dan rangkaian acara ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, pada 11 Desember 2022.


 

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x