Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Gempa Cianjur Membuat Gunung Gede Dan Gunung Pangrango Meletus - NEWS or HOAX

Kompas.tv - 29 November 2022, 14:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Pada hari Senin, 21 November 2022, gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang kawasan Cianjur, Jawa Barat. Beredar pesan yang menyatakan gempa tersebut membuat Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi meletus serta mengeluarkan semburan api. Namun setelah dicek kebenaran informasi yang beredar, info mengenai Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang meletus adalah tidak benar atau hoaks.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui twitter resminya telah membantah narasi tersebut. PVMBG juga menegaskan kejadian gempa bumi di Cianjur saat ini bukan disebabkan aktivitas Gunung Gede. Saat ini rekaman seismograf Gunung Gede didominasi oleh gempa tektonik lokal.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sahyudin, juga telah membantah informasi tersebut. Ia memastikan gunung api yang berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi masih dalam kondisi aman. Berdasarkan hasil pantauan  dari Pos Pengamatan Gunung Gede-Pangrango dapat terlihat jelas dan tidak teramati adanya api atau asap.

Jadi, informasi yang menyatakan gempa yang terjadi di Cianjur membuat Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang berada di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi meletus serta mengeluarkan semburan api adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x