Kompas TV regional berita daerah

Alumni Kartu Prakerja didorong Buka Lapangan Kerja

Kompas.tv - 25 November 2022, 15:17 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kartu Prakerja telah memberikan manfaat kepada penerimanya di Indonesia. Di Aceh ada lebih dari 440 ribu orang yang telah mendapatkan Kartu Prakerja dalam kurun waktu tiga tahun 2020 hingga 2022. Ada 1000 lebih pelatihan online yang diberikan dengan melibatkan 185 lebih lembaga pelatihan. Pelatihan yang didapat diharapkan mampu meningkatkan kompetensi penerima Kartu Prakerja agar mandiri dan kompeten.

Pemerintah Aceh, menginginkan penerima manfaat Kartu Prakerja, terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi, sehingga mampu mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain dengan cara terus mengikuti berbagai pelatihan pelatihan online yang diberikan. Pj Gubernur Aceh juga meminta kepada program kartu prakerja agar menambah kuota untuk Aceh pada gelombang berikutnya.

Salah satu alumni Kartu Prakerja asal Lhokseumawe Harry Koko, mengatakan dirinya merupakan korban PHK saat pandemi covid yang lalu. Memanfaatkan berbagai pelatihan online yang diberikan Kartu Prakerja, khususnya kelas pelatihan pembuatan branding atau merk dagang. Harry kini sukses mengembangkan kemampuannya membantu melakukan branding produk produk UMKM di Lhokseumawe.

Data statistik program Kartu Prakerja di Aceh, jumlah penerima tertinggi ada di kabupaten Aceh Utara, sebanyak 68 ribu orang lebih, kabupaten Bireun 54 ribu lebih penerima dan kabupaten Pidie sebanyak 43 ribu lebih, dengan total dana insentif yang disalurkan sebanyak 972 milyar rupiah. Secara nasional program Kartu Prakerja kini telah dinikmati oleh 16 juta orang lebih dari 34 provinsi dan 514 kabupaten kota. Selama tiga tahun berjalan sudah 47 gelombang penerimaan yang dibuka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x