Kompas TV olahraga sapa qatar

Panitia Piala Dunia 2022 Qatar Sangkal Datangkan Suporter Bayaran

Kompas.tv - 17 November 2022, 17:20 WIB
panitia-piala-dunia-2022-qatar-sangkal-datangkan-suporter-bayaran
Segerombolan ekspatriat India berseragam Timnas Inggris diklaim sebagai suporter bayaran untuk memeriahkan Pilaa Dunia 2022 Qatar. (Sumber: The Guardian)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

DOHA, KOMPAS.TV - Panitia Piala Dunia 2022 Qatar menjangkal klaim bahwa pihaknya mendatangkan suporter bayaran untuk memeriahkan turnamen sepak bola empat tahunan tersebut. 

Klaim panitia Piala Dunia Qatar mendatangkan suporter bayaran dimulai kala video sejumlah ekspatriat India mengenakan jersey Timnas Inggris viral di media sosial. 

Para fans yang mengenakan seragam The Three Lions itu berteriak-teriak sambil menggebuk drum di sekitar hotel Souq Al Wakra di Doha, tempat menginap Timnas Inggris. 

Baca Juga: Timnas AS Latihan Bareng Pekerja Konstruksi Stadion Piala Dunia 2022 Qatar

Dalam pernyataannya, Komite Tertinggi Qatar 2022 menyangkal tuduhan tersebut. 

Menurut mereka, tuduhan tersebut sangat mengecewakan dan tidak mengejutkan.

“Penggemar dari seluruh dunia – banyak di antaranya telah menjadikan Qatar rumah mereka – baru-baru ini telah berkontribusi pada atmosfer lokal, mengorganisir jalan-jalan penggemar dan parade di seluruh negeri, dan menyambut berbagai tim nasional di hotel mereka,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikutip The Guardian, Kamis (17/11/2022).

“Banyak jurnalis dan komentator di media sosial mempertanyakan apakah ini adalah penggemar 'nyata'. Kami benar-benar menolak pernyataan ini, yang mengecewakan dan tidak mengejutkan.”

Baca Juga: Sosok Fantastis! Pesepaak Bola Rusia Bikin Sejarah Top Skor Piala Dunia 1994

Terlepas dari itu, Piala Dunia 2022 Qatar menuai banyak kontroversi. Dari isu eksploitasi pekerja infrastruktur Piala Dunia 2022, hingga diskriminasi terhadap komunitas LGBT. 

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi turnamen terakhir yang menggunakan format 32 kontestan. Lain itu, ini pertama kalinya Piala Dunia digelar pada November-Desember, alih-alih Juni-Juli. 

Menurut jadwal, Piala Dunia 2022 akan mulai bergulir pada Minggu (20/11/2022) dan berakhir 18 Desember mendatang. 

Laga pembuka Piala Dunia 2022 akan mempertemukan tuan rumah Qatar vs Ekuador yang bertempat di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11) pukul 23.00 WIB. 

Baca Juga: Jelang Laga Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar vs Ekuador: Mengenal Kekuatan Kedua Tim

 



Sumber : Kompas TV/The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x