Kompas TV internasional kompas dunia

Sebuah Ledakan Terjadi di Istanbul Turki, Sejumlah Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 13 November 2022 | 22:19 WIB
sebuah-ledakan-terjadi-di-istanbul-turki-sejumlah-orang-dilaporkan-tewas
Sebuah ledakan terjadi di Istanbul, Turki, dan dilaporkan sejumlah orang tewas dan mengalami luka, Minggu (13/11/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Twitter @AZgeopolitics)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Sebuah ledakan telah terjadi di ibu kota Turki, Istanbul, pada Minggu (13/11/2022). 

Dilansir dari Associated Press, ledakan tersebut terjadi di sebuah lokasi pejalan kaki yang populer bernama Istiklal Avenue yang menyebabkan sejumlah orang dilaporkan tewas dan terluka. 

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mencuitkan di Twitter bahwa ledakan itu terjadi sekitar pukul 16.20 waktu setempat tetapi tidak mengatakan berapa banyak korban yang tewas atau terluka.

Penyebab ledakan di Turki itu hingga saat ini masih belum diketahui. 

Sementara itu, pengawas media Turki memberlakukan larangan sementara bagi media untuk pelaporan ledakan, yang berarti penyiar tidak dapat menampilkan video saat ledakan atau setelahnya. 

Dewan Tertinggi Radio dan Televisi di Turki juga telah memberlakukan larangan serupa di masa lalu pada sebuah insiden seperti serangan, kecelakaan dan beberapa masalah politik.

Baca Juga: Berbicara di KTT ASEAN, Jokowi Desak Negara Asia Tenggara Tidak Jadi Proksi Kekuatan Dunia Mana pun

Sebuah video yang diunggah melalui online menunjukkan api meletus dan ledakan keras. Terlihat pula banyak pejalan kaki berbalik arah dan melarikan diri.

Rekaman lain menunjukkan ambulans, truk pemadam kebakaran dan polisi di tempat kejadian. Pengguna media sosial mengatakan toko-toko tutup dan jalan ditutup.

Laporan awal dari reporter CNN Turki mengatakan ada 11 orang terluka. 

Istiklal Avenue sendiri merupakan jalan raya ramai yang populer di kalangan turis dan penduduk lokal, dengan deretan toko dan restoran.

Terkait ledakan, Turki pernah dilanda serangkaian pemboman mematikan antara tahun 2015 dan 2017.

Pengeboman itu dilakukan oleh kelompok Negara Islam dan kelompok Kurdi yang dilarang.

Baca Juga: Duh Malangnya, 8 Anak Pengungsi Suriah di Turki Tewas Terpanggang Kebakaran Diduga dari Perapian


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x