Kompas TV internasional kompas dunia

Berbicara di KTT ASEAN, Jokowi Desak Negara Asia Tenggara Tidak Jadi Proksi Kekuatan Dunia Mana pun

Kompas.tv - 13 November 2022, 22:03 WIB
berbicara-di-ktt-asean-jokowi-desak-negara-asia-tenggara-tidak-jadi-proksi-kekuatan-dunia-mana-pun
Presiden Joko Widodo hari Minggu, (13/11/2022) meminta ASEAN dan kawasan Asia Tenggara tidak menjadi proksi atau perpanjangan dari kekuatan dunia manapun, namun jadi kawasan damai dan jangkar stabilitas global. (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (13/11/2022), meminta ASEAN dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara tidak menjadi proksi atau perpanjangan dari kekuatan dunia mana pun. Ia menyerukan agar Asia Tenggara menjadi kawasan damai dan jangkar stabilitas global.

Seperti pernyataan yang dikutip dari laman Sekretariat Kepresidenan, Jokowi mengatakan hal itu saat menerima Keketuaan ASEAN dari Kamboja di KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 yang dilaksanakan di Phnom Penh, Minggu.

Jokowi menambahkan dalam pidatonya bahwa Indonesia akan memimpin sebagai Ketua ASEAN tahun depan dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Pada upacara tersebut, acara besar terakhir dalam kalender ASEAN tahun ini, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen yang menjadi tuan rumah, menyerahkan palu secara simbolis kepada Jokowi untuk menandai serah terima jabatan ketua bergilir ASEAN.

ASEAN harus menjadi “kawasan yang bermartabat” dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi, kata Presiden Jokowi, seraya menambahkan dinamika geopolitik saat ini juga tidak boleh berubah menjadi Perang Dingin baru di Asia Tenggara seperti laporan Straits Times, Minggu.


Baca Juga: Jokowi: ASEAN Harus Tetap Jadi Kawasan Damai

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen (kiri), menyerahkan palu kayu kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dalam acara serah terima Keketuaan ASEAN pada upacara penutupan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 dan KTT Terkait di Phnom Penh, Kamboja, Minggu, 13 November 2022. (Sumber: AP Photo/Anupam Nath)

Presiden juga menginginkan ASEAN harus menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan.

Peningkatan kapasitas institusi ASEAN juga menjadi perhatian Presiden Jokowi, agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan. Presiden berharap pada 2045, ASEAN harus lebih adaptif, responsif, dan berdaya saing.

“Semua itu harus diperjuangkan dengan cara ASEAN yaitu konsisten dengan semangat kerja sama serta menjalankan Piagam ASEAN seutuhnya,” kata Presiden.

Pada akhir sambutannya, Presiden Joko Widodo mengundang seluruh pemimpin ASEAN untuk hadir pada KTT ASEAN di Indonesia tahun depan.

“Saya tunggu kehadiran Yang Mulia di Indonesia tahun depan,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Sekretariat Presiden

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.