Kompas TV olahraga motogp

Kata Bagnaia Usai Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

Kompas.tv - 6 November 2022, 23:05 WIB
kata-bagnaia-usai-jadi-juara-dunia-motogp-2022
Pembalap Ducati yang juga juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia, berselebrasi di akhir balapan Valencia Motorcycle Grand Prix, balapan terakhir di musim ini, di sirkuit Ricardo Tormo, Cheste, di dekat Valencia, Spanyol, Minggu 6 November 2022. (Sumber: AP Photo/Alberto Saiz)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Ducati Francesco Bagnaia resmi menjadi juara dunia MotoGP 2022. Gelar itu usai Pecco melakoni balapan MotoGP Valencia 2022.

Pada balapan itu, Pecco finis di posisi kesembilan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB. Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2022 setelah mengumpulkan 265 poin. 

Pecco unggul 17 poin atas Fabio Quartararo yang finis di posisi kedua klasemen akhir MotoGP 2022.  

Seusai balapan, Bagnaia mengakui bahwa MotoGP Valencia sebagai balapan terberat dalam kariernya. Pembalap asal Italia mengatakan bahwa targetnya adalah finis di posisi lima besar, tetapi ia kesulitan karena ban depan motornya.  

Baca Juga: MotoGP Valencia 2022: Bagnaia Fokus untuk Raih Gelar Juara Dunia

"Ini adalah balapan terberat dalam hidup saya. Saya sangat berjuang keras, misi saya adalah finis di posisi lima besar," kata Bagnaia dikutip dari Kompas.com.   

"Namun, saya tidak tahu mengapa. Setelah 3-4 lap pertama, saya mulai kesulitan dengan ban depan motor, mustahil untuk dikendalikan," ucap murid Valentino Rossi ini.  

Meski gagal finis di posisi lima besar, Francesco Bagnaia tetap senang karena pada akhirnya bisa memastikan gelar juara dunia.

"Tapi yang terpenting adalah kami juara dunia. Ini hari yang menyenangkan, saya sangat senang," tutur Francesco Bagnaia.

Keberhasilan Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP 2022 semakin terasa spesial karena diiringi rekor-rekor apik. 

Bagnaia menyudahi 15 tahun puasa gelar Ducati. Sebelumnya, pembalap Ducati terakhir yang menjadi juara dunia adalah Casey Stoner pada 2007.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Resmi Jadi Juara Dunia 2022 meski Finis Kesembilan pada Balapan MotoGP Valencia



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x