Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Panggil Pejabat Polri Mulai Kapolri hingga Kapolres ke Istana Besok, Bahas Apa?

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 20:32 WIB
jokowi-panggil-pejabat-polri-mulai-kapolri-hingga-kapolres-ke-istana-besok-bahas-apa
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang seluruh jajaran Polri mulai dari Kapolri hingga Kapolres ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat besok (14/10/2022). (Sumber: BPMI Setpres/Kris)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh jajaran Polri mulai dari Kapolri hingga Kapolres ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat besok (14/10/2022).

Hal ini telah dibenarkan Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10).

Meski demikian, Kepala Negara enggan berkomentar lebih jauh terkait agenda tersebut.

"Besok didengarkanlah," jawab Jokowi singkat.

Seperti dilansir Kompas.com, Kepala Sekretaris Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan dalam pertemuan besok, Presiden akan memberikan pengarahan secara langsung kepada Kapolri hingga Kapolres.

"Ya (berikan pengarahan untuk Kapolri sampai Kapolres)," ujar Heru tanpa memberikan penjelasan terkait isi arahan Jokowi dalam pertemuan Jumat besok.

Jokowi: Kapolri Masih Listyo Sigit Prabowo

Dalam kunjungan kerjanya di Bandung pada hari ini, Presiden Jokowi memberi penilaian bahwa kiprah polisi di tingkat bawah selama ini masih bekerja keras dan membantu masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat diminta komentarnya terkait keluhan masyarakat ihwal kinerja polisi belakangan ini.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Laporan TGIPF Tragedi Kanjuruhan Besok Siang

"Kalau dilihat di bawah, saya melihat polisi masih kerja keras untuk membantu masyarakat, melayani masyarakat, itu yang saya lihat," ucapnya.

Kepala Negara kemudian ditanya soal kemungkinan mengganti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Terkait hal itu, Presiden memastikan saat ini tidak ada penggantian Kapolri. Ia menegaskan, jabatan tertinggi di Korps Bhayangkara tersebut masih dijabat oleh Listyo Sigit Prabowo.

"Kapolrinya masih Pak Listyo Sigit Prabowo," tegas Jokowi.

Institusi Polri belakangan ini disorot setelah peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo.

Tak hanya itu, belum tuntas kasus tersebut, kinerja Polri kembali jadi sorotan setelah tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Tragedi Kanjuruhan ini mengakibatkan sebanyak 132 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Jawaban Tegas Jokowi saat Ditanya Kabar Pergantian Kapolri: Masih Pak Listyo Sigit Prabowo


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x