Kompas TV regional berita daerah

Warga Tokilo Menunggu Penyelesaian "Janji" Poso Energy

Minggu, 25 September 2022 | 15:59 WIB

Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Warga Desa Tokilo masih menunggu janji Poso Energy untuk membangunkan pagar pembatas bagi ternak kerbau warga. Janji itu masuk dalam penyelesaian jangka panjang perusahaan pada warga yang terdampak aktivitas bendungan Poso Energy pada 2019 lalu.

Warga Desa Tokilo masuk dalam salah satu dari 16 desa yang terdampak pasangnya air danau Poso pada akhir tahun 2019 lalu. Khusus Desa Tokilo ada wilayah pengembalaan kerbau yang terendam air dan puluhan ternak yang mati karena kekurangan pakan.

Data Desa Tokilo, mencatat dari 300 hektar padang pengembalaan, kini tersisa sekitar 100 hektar padang pengembalaan. Pada akhir tahun 2019 sampai 2020 ada 94 kerbau dan 16 sapi yang mati secara mendadak. Hasil penelitian dinas peternakan yang diterima perangkat desa penyebabnya dari pakan ternak.

Pada prosesnya, Perusahaan Poso Energy memberikan dana kompensasi pada ternak yang mati. Kini warga Tokilo meminta ada penyelesaian jangka panjang karena padang pengembalaan tidak seperti semula.

Selama menunggu penyelesaian jangka panjang dari perusahaan, warga harus menjual sebagian besar ternaknya karena takut tidak bisa bertahan. Sebelumnya ada sekitar 700 ekor digembalakan di padang itu. Kini populasinya berkurang tersisa tiga ratusan ekor. Selain 94 kerbau itu, warga juga mengaku ada sekitar 50 kerbau yang mati dan tak mendapatkan dana kompensasi.

#WargaDesaTokilo #DanauPoso #PosoEnergy 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x