Kompas TV nasional rumah pemilu

Puan Sebut Pembentukan Dewan Kolonel untuk Laksanakan Tugas Kepartaian dan Sosialisasikan Program

Kompas.tv - 21 September 2022, 16:17 WIB
puan-sebut-pembentukan-dewan-kolonel-untuk-laksanakan-tugas-kepartaian-dan-sosialisasikan-program
Ketua DPR RI, Puan Maharani menyebut pembentukan Dewan Kolonel merupakan inisiatif dari para pendirinya, yang bertujuan untuk melaksanakan tugas kepartaian dalam menyosialisasikan semua program. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pembentukan Dewan Kolonel merupakan inisiatif dari para pendirinya, yang bertujuan untuk melaksanakan tugas kepartaian dalam menyosialisasikan semua program ke lapangan dan internal.

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, dalam kunjungannya di pondok pesantren di Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat Rabu (21/9/2022).

“Itu kan inisiatif dari mereka, namanya memang seperti itu,” kata Puan pada jurnalis Kompas TV Alexander Blegur.

“Namun kan sebenarnya adalah bagaimana kita bisa bergotong royong dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, tugas-tugas fraksi, dalam mensosialisasikan semua program ke lapangan dan internal.”

Baca Juga: “Dewan Kolonel” Siapkan Karpet Merah Untuk Puan Maju 2024

Saat ditanya, apakah pembentukan Dewan Kolonel tersebut atas sepersetujuannya, Puan hanya mengatakan bahwa pembentukan itu merupakan hal yang positif.

“Semua yang kemudian mempunyai tujuan dan keinginan untuk bekerja sama secara bergotong royong, tentu saja kan itu salah satu hal yang positif yang bisa dilakukan.”

Mengenai tanggapan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan menyebut, instruksi dari ketua umum adalah seluruh kader harus bersiap menghadapi 2024.

“Instruksi dari Ketua Umum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024, turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat.”


Inisiasi bentuk Dewan Kolonel

Sebelumnya, KOMPAS.TV memberitakan, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan atau PDIP, Johan Budi, menginisiasi dibentuknya Dewan Kolonel Puan.

Tujuan pembentukan dewan kolonel ini, kata Johan, untuk mendukung Ketua DPR RI Puan Maharani untuk maju sebagai calon presiden atau Capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Menurutnya, pembentukan Dewan Kolonel Puan merupakan ide yang dicetuskannya pada 2 atau 3 bulan lalu. Ia menawarkan ide pembentukan tim untuk mendukung Puan Maharani

"Jadi gini, di fraksi PDI-P itu, waktu itu saya lupa 2-3 bulan yang lalu lah, gimana nih kita yang mendukung Mbak Puan, gimana kalau kita bikin tim," kata Johan Budi dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/9).

Baca Juga: Johan Budi Tegaskan Dewan Kolonel Tak Takut dengan Pendukung Ganjar: Kalah Menang Belakangan

Namun demikian, Johan Budi menegaskan bahwa pembentukan Dewan Kolonel ini tidak ada kaitannya dengan DPP PDIP. Ia menuturkan, Dewan Kolonel dibentuk atas keinginan sekelompok anggota Fraksi PDIP.

Di sisi lain, Johan Budi menegaskan bahwa Dewan Kolonel tetap menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pencalonan presiden untuk Pemilu 2024 nanti.

"Tentu kita masih nunggu keputusan Ibu Ketua Umum siapa yang (dipilih). Tapi, kita sudah prepare duluan kalau misalnya nanti Mbak Puan yang ditunjuk, tim ini sudah siap," ucap Johan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x